get app
inews
Aa
Read Next : Bangka Belitung Disorot Karena Angka, Apakah Semua Sudah Diperiksa?

Inagurasi Sekolah Jurnalistik IJTI Babel Angkatan 1, Ajarkan Arti Kejujuran dalam Kesederhanaan

Sabtu, 17 Desember 2022 | 12:25 WIB
header img
Inagurasi Sekolah Jurnalistik IJTI Babel Angkatan 1, Ajarkan Arti Kejujuran dan Kesederhanaan. Foto : Lintasbabel.iNews.id/ Haryanto.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Inagurasi Sekolah Jurnalistik Ikatan Jurnalistik Televisi Indonesia (IJTI) Pengurus Daerah (Pengda) Bangka Belitung angkatan satu digelar, Jumat (16/12/2022). Kegiatan digelar setelah Sekolah Jurnalistik selesai dilaksanakan selama tujuh pekan berturut-turut. 

Inagurasi yang digelar secara sederhana di Sekretariat IJTI Babel tersebut, untuk mengajarkan peserta nilai kejujuran yang sangat penting dalam menjalankan tugas-tugas jurnalistik. 

"Kami mohon maaf karena sudah memberanikan diri mengundang dalam kesederhanaan ini. Sebetulnya bisa saja kami menggelar kegiatan ini di hotel mewah atau tempat-tempat yang lebih representatif lainnya. Mungkin dengan banyak-banyak menyebar proposal minta bantuan ke sana kemari. Tapi kami pikir itu sama saja artinya kami tidak jujur pada diri sendiri," kata Ketua IJTI Pengda Babel, Joko Setyawanto. 

Asisten Satu Pemkot Pangkalpinang, Ahmad Subekti menyerahkan sertifikat Sekolah Jurnalistik IJTI Babel ke peserta. Foto : Lintasbabel.iNews.id/ Haryanto. 

Menurut Joko, kejujuran ini sangat penting terutama di dalam keseharian IJTI menjalankan tugas dan fungsi memberikan informasi yang akurat dan independen. 

"Di sini dihadapan adik-adik yang baru saja merampungkan sekolah jurnalistik yang kami adakan, kami ingin sedikit memberi contoh bahwa penting bagi jurnalis untuk menghasilkan karya jurnalistik yang jujur, yang diawali dengan harus berani tampil jujur dan tidak malu sederhana tanpa mengada-ada. Kesederhanaan itu bukan sesuatu hal yang memalukan," ujarnya. 

Joko mengatakan, materi yang diberikan kepada peserta Sekolah Jurnalistik merupakan dasar-dasar jurnalistik. 

"Sebetulnya materi yang memang kami berikan kepada peserta itu lebih kepada dasar dasar jurnalistik, bagaimana teknik memproduksi berita. Memang belum selesai di situ, sebenarnya kami juga sedang mempersiapkan kelas-kelas lanjutan yang fokus ke editing, kamera dan fokus ke VJ," ucapnya. 

 

Editor : Haryanto

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut