get app
inews
Aa Read Next : Cek Ketahanan Pangan Daerah, Menteri Desa PDTT Abdul Halim Kunjungi Bangka Belitung

Pemanfaatan Lahan Bekas Tambang Timah untuk Agrobisnis

Minggu, 14 November 2021 | 08:55 WIB
header img
Gubernur Erzaldi menjelaskan potensi alam Babel saat Kunjungan kerja Komisaris Utama (Komut) PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) Doni Monardo ke Babel. (Foto: Humas Pemprov Babel)

BANGKA, lintasbabel.id - Pemanfaatan lahan bekas tambang timah saat ini menjadi fokus pemerintah. Hal ini berkaitan dengan kelangsungan hidup masyarakat Pulau Bangka dan Belitung. 

Karenanya, Gubernur Babel Erzaldi Rosman, bersama Direktur Utama (Dirut) PT Timah Mochtar Riza Pahlevi Tabrani mengajak Komisaris Utama (Komut) PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) Doni Monardo, beserta rombongan melakukan reboisasi penanaman kembali jambu mete, dan tanaman bakau di sekitar lahan bekas tambang timah. 

“Dulunya lahan ini lautan, tapi karena banyak pasir bekas galian timah yang dibawa ke darat, jadilah lahan rawa seperti ini,” ungkap gubernur kepada Doni Monardo.

Aktivitas tambang timah sering kali merusak lahan. Fungsi lahan menjadi terganggu karena lahan yang terus-menerus dikeruk untuk diambil kandungan timahnya, sehingga tak jarang tanah di Pulau Bangka dan Belitung menjadi berlubang menganga. Tidak hanya di darat, aktivitas tambang timah di lautan juga digarap. Akibatnya, ekosistem laut menjadi terancam. 

“Saya lihat dari pesawat juga pulau ini (Bangka) berlubang-lubang,” ungkap Komisaris Utama PT Inalum Doni Monardo.

Pada saat yang sama, Gubernur Erzaldi dan Mochtar Riza juga mengajak Komut PT Inalum Doni Monardo beserta rombongan untuk mengunjungi Kampoeng Reklamasi Bangka yang merupakan wisata agro dan pusat perlindungan satwa. Wilayah ini dimanfaatkan untuk memelihara ekosistem darat dan satwa di atas lahan bekas tambang. 

Lahan ini dimanfaatkan untuk menanam berbagai macam tanaman yang dapat dimanfaatkan secara cepat dan menghasilkan seperti buah naga, manga, dan kelapa pandan wangi. Tidak hanya itu, kawasan ini juga menyediakan fasilitas sewa ATV dan kafetaria, sehingga bisa dijadikan lokasi wisata keluarga. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut