get app
inews
Aa Read Next : Pasukan Rusia Serang Pusat Komando Ukraina di Zaporizhzhia

Selama Invasi Rusia, 15.000 Warga Ukraina Dinyatakan Hilang

Jum'at, 25 November 2022 | 21:03 WIB
header img
Anak-anak Ukraina turut menjadi kelompok yang terdampak dalam serangan Rusia di negeri mereka. Foto: Reuters

KIEV, Lintasbabel.iNews.id - Direktur Program di Komisi Internasional untuk Orang Hilang (ICMP), Matthew Holliday mengungkapkan jumlah orang hilang selama perang di Ukraina, pada Kamis (24/11/2022). Total ada lebih dari dari 15.000 orang dinyatakan hilang. 

Pernyataan Holliday ini keluar setelah Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky menuntut agar PBB menghukum Rusia atas serangan udara terhadap infrastruktur sipil.

Sementara itu tidak diketahui pasti jumlah orang yang telah dipindah paksa, ditahan di Rusia, masih hidup tapi dipisahkan dari anggota keluarga atau telah meninggal dan dikuburkan di kuburan darurat.

Zelensky menyebut, serangan rudal Rusia membuat kota-kota Ukraina menjadi gelap gulita. Rakyat menghadapi musim dingin tanpa listrik dan air. 

ICMP yang berbasis di Den Haag merupakan organisasi yang dibentuk setelah perang Balkan tahun 1990-an. Organisasi ini  membuka kantor di Kiev pada bulan Juli untuk membantu Ukraina mendokumentasikan dan melacak orang hilang.

"Proses penyelidikan orang hilang di Ukraina akan berlangsung bertahun-tahun bahkan setelah pertempuran berhenti," kata Holliday kepada Reuters dalam sebuah wawancara. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut