get app
inews
Aa Read Next : Resmi Pecah, Perang Terbuka Yaman Versus Koalisi AS-Inggris

Bukan AS atau NATO, Negara Miskin ini Jadi Penyelamat Ukraina Diawal Invasi Rusia

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:09 WIB
header img
Misteri dibalik kegagalan Putin menaklukkan Ukraina dalam waktu singkat akhirnya terkuak. Tak disangka justru pertolongan pertama datang di saat paling genting untuk menyelamatkan Ukraina. Foto: Net.

SOFIA, Lintasbabel.iNews.id - Berstatus sebagai negara termiskin di Uni Eropa tidak menghalangi Bulgaria untuk menjadi pahlawan. Negara baltik ini diam-diam memberikan bantuan di masa paling kritis, sehingga membuat moral pasukan Ukraina meningkat dan dapat menahan laju serangan Rusia sampai bantuan dari barat berdatangan.

Misteri dibalik kegagalan Putin menaklukkan Ukraina dalam waktu singkat akhirnya terkuak. Tak disangka justru pertolongan pertama datang di saat paling genting untuk menyelamatkan Ukraina.

Bantuan berupa amunisi dan bahan bakar kendaraan tempur ini terkuak setelah sebuah media asal Jerman, WELT melakukan investigasi dengan mewawancarai mantan Perdana Menteri  Bulgaria Kiril Petrov dan Menteri Keuangannya Assen Vassilev. Informasi ini diperkuat dengan konfirmasi wawancara dengan Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba.

Laporan serupa juga disampaikan oleh media POLITICO yang merupakan bagian dari Axel Springer Grup.

Kedua laporan investigasi ini mengumpulkan gambaran tentang keberanian Bulgaria untuk memasok logistik bagi Ukraina yang tengah kehabisan persenjataan untuk mengimbangi kekuatan pasukan Rusia hanya berselang satu hari sejak operasi militer khusus dilancarkan Putin.

Bantuan ini sengaja tidak diumumkan mengingat kuatnya pengaruh politisi yang terafiliasi ke Rusia didalam pemerintahan Bulgaria. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut