get app
inews
Aa Read Next : Peduli Generasi Sehat, Kodim/0432 Basel Berikan Asupan Makanan Bergizi Seimbang Bagi Pelajar

Peran TP PKK dalam Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Bangka

Jum'at, 11 November 2022 | 21:31 WIB
header img
Yusmiati, Mahasiswi Magister Administrasi Publik Pascasarjana STISIPOL Pahlawan 12 Sungailiat yang juga Ketua TP PKK Kabupaten Bangka. Foto: dok. pribadi

STUNTING menjadi penting, ketika menyangkut kualitas sumber daya manusia (SDM). Stunting dapat diartikan sebagai kondisi gagal tumbuh pada anak sejak balita akibat kurang gizi atau gizi kronis, serta infeksi berulang terutama pada periode 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). 

Disamping dapat menghambat pertumbuhan fisik serta rentan terhadap penyakit. Stunting juga menyebabkan hambatan perkembangan kognitif yang berpengaruh pada tingkat kecerdasan dan produktivitas anak di masa depan. 

Di Indonesia khususnya di Kabupaten Bangka, masyarakat menganggap tumbuh pendek sebagi faktor keturunan, sedangkan hasil studi membuktikan bahwa pengaruh faktor keturunan hanya berkonstribusi sebesar 15 persen.

Sementara unsur terbesar terhambatnya pertumbuhan adalah asupan gizi, hormon, serta penyakit infeksi menular. Pandangan yang salah dan tingkat pengetahuan yang rendah menjadi faktor penghambat dalam penanggulangan stunting oleh dinas kesehatan Kabupaten Bangka.

Sehingga diperlukan berbagai upaya dalam penurunan angka stunting baik di kabupaten Bangka maupun di Indonesia. Karena kita ketahui Kesehatan adalah hak dasar setiap warga negara sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Dasar 1945 dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut