Logo Network
Network

Keyboard Laptop Terkunci Bikin Pusing, Begini Cara Mengatasinya

Wahyu Budi Santoso/ Net SindoNews
.
Kamis, 10 November 2022 | 19:18 WIB
Keyboard Laptop Terkunci Bikin Pusing, Begini Cara Mengatasinya
Cara mengatasi keyboard laptop terkunci bisa dilakukan dengan beberapa langkah. Foto: net

JAKARTA, Lintasbabel.iNews.idKeyboard laptop terkunci memang bikin pusing dan panik penggunanya. Namun Anda tak perlu khawatir, karena dalam artikel kali ini akan dibahas cara mengatasi keyboard laptop terkunci. 

Bahkan, Anda bisa melakukannya sendiri tanpa harus repot-repot pergi ke tukang service laptop.

Keyboard atau papan ketik adalah salah satu piranti laptop yang sangat penting. Bayangkan jika laptop Anda tidak memiliki keyboard? Betapa susahnya untuk mengetik tugas, atau menyelesaikan pekerjaan. 

Ketika menjumpai keyboard laptop terkunci atau rusak, sebagian besar penggunanya langsung panik. Bahkan ada yang segera membawanya ke tukang service untuk diperbaiki.

Keyboard yang terkunci umumnya masih dalam keadaan normal dan tidak rusak, Anda hanya perlu membuka kuncinya saja. Keyboard laptop yang terkunci atau tidak berfungsi dengan baik, biasanya terjadi karena adanya gangguan pada sistemnya. 

Lantas, bagaimana cara memeriksa dan memperbaiki keyboard laptop yang terkunci, berikut ini langkah-langkahnya.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Terkunci:

1. Menyalakan Kembali Laptop 

Langkah awal yang simple dan cepat, Anda bisa menyalakan kembali (merestart) laptop. Umumnya, laptop hanya ngelag karena bug dan akan kembali normal setelah dinyalakan kembali. Berikut cara menyalakan kembali laptop: 

a. Menggunakan Kursor dan Tombol

  • Arahkan kursor ke menu "Windows", biasanya menu tersebut berada dibawah kiri atau tengah layar, kemudian tekan dan pilih menu "Restart", nantinya laptop akan mati dan menyala kembali dengan sendirinya. 
  • Tekan tombol dengan simbol "Windows" pada keyboard, lalu pilih menu "Restart", sama seperti sebelumnya, laptop akan mati dan menyala kembali. 

b. Menggunakan Kombinasi Tombol

  • Tekan tombol ALT + F4 secara bersamaan, kemudian pilih menu "Restart", tunggu sejenak laptop akan menyala kembali. 
  • Tekan tombol CTRL + ALT + DEL secara bersamaan, kemudian pilih menu "Restart", masih sama laptop akan kembali menyala seperti sebelumnya. 
  • Tekan tombol Windows + U + U, nantinya laptop akan mati dan Anda bisa menyalakan kembali dengan menekan tombol power. 

c. Menggunakan Tombol Power, jika terpaksa 

Anda bisa menekan langsung tombol power pada laptop untuk mematikannya, dan tekan kembali untuk menyalakannya. Disarankan untuk tidak terlalu sering menggunakan cara ini karena laptop akan cepat rusak. 

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News

Halaman : 1 2 3 4
Bagikan Artikel Ini