Logo Network
Network

Gunung Meletus Bukanlah Hal Aneh, Al Quran Ungkap Gunung Selalu Bergerak

Muri Setiawan
.
Senin, 06 Desember 2021 | 17:18 WIB
Gunung Meletus Bukanlah Hal Aneh, Al Quran Ungkap Gunung Selalu Bergerak
Gunung Semeru

GUNUNG Semeru meletus dan mengeluarkan sejumlah material vulkanis pada Sabtu (4/12/2021) pukul 15.00 WIB. Gunung berapi setinggi 3.676 MDPL ini juga mengeluarkan awan panas yang sangat tebal.

Musibah bencana alam Gunung Semeru meletus serta gunung-gunung lainnya, ternyata sudah lama dijelaskan dalam Alquran dan sains. Diketahui bahwa erupsi dan letusan gunung bukanlah fenomena aneh, karena sudah lama tertulis dalam ayat-ayat suci Alquran.

Alquran dan sains mengungkap, bahwa gunung tidak diam, melainkan selalu bergerak dinamis seperti awan. Padahal gunung adalah tanah berbentuk menonjol yang sangat tinggi dan besar. 

Gunung biasanya terbentuk dari gerakan tektonik lempeng, gerakan orogenik, atau gerakan epeirogenik. Sementara pegunungan adalah kumpulan atau barisan dari gunung.

Gunung merupakan salah satu bagian dari ciptaan Allah Subhanahu wata'ala. Dijelaskan bahwa gunung dapat menimbulkan aktivitas, dan itu atas kehendak Allah Azza wa jalla.

Dalam buku 'Tafsir Ilmi Samudera dalam Perspektif Alquran dan Sains' yang disusun Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Republik Indonesia bersama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), diungkapkan bahwa gunung terus bergerak.

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.