get app
inews
Aa Read Next : Kemenkumham Babel Kumpulkan Kades dan Lurah se-Bangka Tengah, Ternyata Ini yang Dibahas

Rakor Dilkumjakpol Plus, Membangun Sinergitas Antar Aparat Penegak Hukum di Babel

Kamis, 02 Desember 2021 | 12:54 WIB
header img
Rakor Dilkumjakpol Plus, Membangun Sinergitas Antar Aparat Penegak Hukum di Babel. (Foto: Dok/ Kemenkumham Babel)

“Rapat Koordinasi ini bukanlah forum untuk saling mengintervensi antar Lembaga Penegak Hukum, namun bertujuan untuk menyusun Langkah Penyelesaian Bersama dalam rangka Sinkronisasi Pelaksanaan Tugas dan Fungsi,” ujar Kepala Kanwil Kemenkumham Babel, Anas Saeful Anwar, dalam sambutannya saat membuka rakor.

Saat ini, kata Anas, pandemi Covid-19 di Indonesia masih berlangsung sejak pertama kali ditemukannya kasus pasien terkonfirmasi positif di bulan Maret Tahun 2020. Tentu saja hal ini akan berakibat pada koordinasi dan sinergitas dalam pelaksanaan tugas dan fungsi antar aparat penegak hukum yang terdiri atas Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan, Kementerian Hukum dan HAM (Pemasyarakatan), dan Badan Narkotika Nasional.  

"Dalam menyelesaikan permasalahan tersebut, kita mengetahui bersama bahwa di tingkat pusat ada Forum MAHKUMJAKPOL yang dibentuk pertama kali oleh Presiden Republik Indonesia pada tahun 2010 berdasarkan peraturan bersama antara beberapa instansi penegak hukum dalam upaya menangani dan menyelesaikan permasalahan tindak pidana di Indonesia. Sedangkan di tingkat daerah terdapat forum DILKUMJAKPOL sebagai wadah yang bertujuan untuk meningkatkan koordinasi antar instansi terkait dalam rangka menciptakan persamaan persepsi antara aparat penegak hukum dalam ketatalaksanaan sistem peradilan pidana, mewujudkan harmonisasi dan sinkronisasi dalam upaya penegakan hukum dan hak asasi manusia, menghindari penyalahgunaan wewenang dan memenuhi rasa keadilan masyarakat dalam rangka penegakan hukum," ungkapnya.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut