get app
inews
Aa Read Next : Tim Hibah PMP ISB Atma Luhur Kerjasama dengan SMK dan KPID Babel Terkait Literasi Digital dan Media

ISB Atma Luhur dan IIEF Jalin Kerjasama Penyelenggaraan Tes TOEFL ITP

Rabu, 19 Oktober 2022 | 07:19 WIB
header img
ISB Atma Luhur dan IIEF Jalin Kerjasama Penyelenggaraan Tes TOEFL ITP. Foto: dok/Atma Luhur.

TOEFL® ITP merupakan akronim dari Test of English as Foreign Language – Institutional Testing Program. Tes ini dikeluarkan oleh Educational Testing Service (ETS) yang berpusat di Amerika Serikat.

Selain itu, tes ini digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris yang penggunaannya bisa di berbagai sektor, termasuk sektor akademik.

Menurut Direktur Indonesian International Education Foundation (IIEF), Diana Kartika Jahja, ada tiga elemen yang diujikan dalam tes ini, yaitu kemampuan menyimak (listening), kemampuan menulis (writing), dan kemampuan membaca (reading).

“Setelah mengikuti tes, peserta akan mendapatkan sertifikat yang menyatakan nilai kompetensi bahasa Inggris yang berlaku selama dua tahun. Sertifikat dari tes ini digunakan untuk mendaftar ke kampus di dalam maupun luar negeri,” kata Diana.

Oleh karenanya, kata Diana, banyak dari kalangan masyarakat umum yang hendak melanjutkan atau lulus kuliah sangat membutuhkan sertifikat tersebut.

"Belakangan sertifikat tersebut tidak hanya digunakan di kalangan terbatas. Beberapa beasiswa pemerintah, program hibah penelitian, kolaborasi internasional, rekrutmen pekerjaan, dan pertukaran mahasiswa mensyaratkan sertifikat TOEFL®ITP sebagai kelengkapan dokumen awal,” ujarnya.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut