get app
inews
Aa Read Next : Bangka Belitung Disorot Karena Angka, Apakah Semua Sudah Diperiksa?

Perayaan Maulid Nabi, Ribuan Warga Desa Kemuja Bangka Kirab 1.000 Dulang

Minggu, 09 Oktober 2022 | 09:11 WIB
header img
Peserta Peran Saka Nasional 2022, ikuti kirab Nanggung Nusantara 1.000 dulang di Desa Kemuja Kebupaten Bangka. Foto : Lintasbabel.iNews.id/ Haryanto

Nganggung adalah salah satu tradisi di masyarakat Melayu Bangka Belitung, khususnya di Pulau Bangka yang kini menjadi warisan budaya tak benda. Tradisi ini menjadi sebuah adat yang terus dijaga dan dilestarikan oleh masyarakat hingga kini. 

Nganggung merupakan adat membawa makanan menggunakan dulang ditutup tudung saji dari masing-masing rumah penduduk menuju ke satu tempat pertemuan besar, seperti masjid, surau, langgar atau lapangan. 

Kegiatan ini biasanya dilaksanakan pada waktu-waktu tertentu di dalam agama Islam, seperti Maulid Nabi Muhammad SAW, Nisfu Sya'ban, Muharram, serta selepas Shalat Idul Fitri dan Idul Adha. Termasuk juga kegiatan nujuh hari orang meninggal dunia. 

"Kalau buat saya ini adalah suatu hal yang baru, karena saya kan dari Kalimantan Tengah pertama kali ke Bangka Belitung terus mengikuti kegiatan seperti ini seru banget. Ini pengalaman baru yang menyenangkan. Semoga ini tidak hilang dari masyarakat sekitar dan terus dikembangkan lagi," kata Peserta Peran Saka Nasional asal Kalimantan Tengah, Laura Natasya Putri.

Laura Natasya Putri, peserta Peran Saka Nasional yang ikut Kirab Nanggung Nusantara. 

Editor : Haryanto

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut