get app
inews
Aa
Read Next : Bangka Belitung Disorot Karena Angka, Apakah Semua Sudah Diperiksa?

Perayaan Maulid Nabi, Ribuan Warga Desa Kemuja Bangka Kirab 1.000 Dulang

Minggu, 09 Oktober 2022 | 09:11 WIB
header img
Peserta Peran Saka Nasional 2022, ikuti kirab Nanggung Nusantara 1.000 dulang di Desa Kemuja Kebupaten Bangka. Foto : Lintasbabel.iNews.id/ Haryanto

BANGKA, Lintasbabel.iNews.id - Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, ribuan warga gelar kirab tradisi Nganggu 1.000 dulang, di Desa Kemuja, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sabtu (8/10/2022). Kegiatan tersebut dikemas dalam Nanggung Nusantara 1.000 Dulang. 

Peserta Perkemahan Antar Satuan Karya Pramuka (Peran Saka) Nasional 2022, ambil bagian dalam kegiatan tradisi tahunan itu. 

Kirab diawali dari Pondok Pesantren Al-Islam Desa Kemuja diteruskan berkeliling desa sembari membawa dulang dan finis di lapangan bola.

Di lapangan bola, ratusan dulang berisi beragam kuliner berjejer rapi di bawah tenda-tenda dan siap disantap.

Para peserta lalu duduk bersila saling berhadapan dengan dulang di tengahnya dan berdoa bersama. Selesai berdoa barulah makanan yang dibawa menggunakan dulang tadi disantap. 

Peserta kirab menyantap makanan di dalam dulang yang dibawa saat kirba. Foto : Lintasbabel.iNews.id/ Haryanto. 

"Suatu kehormatan bagi kami warga Desa Kemuja, bisa menggelar kegiatan ini bertaraf nasional yang hadiri peserta Peran Saka Nasional 2022. Kami mempersiapkan ini hampir satu bulan dan melibatkan semua unsur masyarakat," kata Kepala Desa Kemuja, Muhammad Astohari. 

Editor : Haryanto

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut