Logo Network
Network

5 Tragedi Berdarah Sepak Bola Dunia, Kanjuruhan Nomor 2 Terbanyak Makan Korban Jiwa

Wikanto Arungbudoyo
.
Senin, 03 Oktober 2022 | 19:03 WIB
5 Tragedi Berdarah Sepak Bola Dunia, Kanjuruhan Nomor 2 Terbanyak Makan Korban Jiwa
Dampak Mengalami Panic Crowds Saat Suasana Ricuh seperti Tragedi di Kanjuruhan. Foto : Istimewa.

MALANG, lintasbabel.id- Tragedi berdarah dalam kericuan dunia sepak bola bukan kali ini terjadi. Namun, insiden yang menewaskan 127 orang di Liga 1 2022-2023 antara laga Arema FC vs Persebaya masuk tragedi terbesar kedua dalam sepanjang sejarah sepak bola dunia.

Laga yang berlangsung di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022) malam WIB, dimenangkan oleh Persebaya dengan skor 3-2. Kekalahan itu diduga menjadi pemicu kerusuhan.

Berikut 5 tragedi berdarah di sepak bola:

1. Tragedi Kathmandu, Nepal

Sebanyak 93 orang tewas di Stadion Nasional Kathmandu, Nepal, pada 1988. Insiden mengerikan itu terjadi pada laga sepak bola lokal antara Janakpur Cigarette Factory vs Liberation Army. Kencangnya tiupan angin menjadi awal dari tragedi berdarah ini. 

Hujan es mengakibatkan suporter berusaha berlarian menyelamatkan diri lantaran stadion yang sebagian besar tidak beratap. Kepanikan itu menyebabkan ratusan orang terinjak-injak saat berusaha menyelamatkan diri dan menelan 93 korban jiwa. 

 

2. Tragedi Hillsborough

Tragedi Hillsborough mengubah wajah sepak bola Inggris. Kerusuhan yang terjadi pada 15 Maret 1989 di Stadion Hillsborough, Sheffield, menampar wajah negara tersebut. Sebanyak 96 orang tewas karena massa yang tak terkendali saat hendak menyaksikan laga semifinal Piala FA.

Insiden itu direspons dengan beragam aturan ketat soal pengendalian massa serta dihilangkannya tribune berdiri di stadion-stadion di seantero Inggris. Tragedi ini sungguh memukul Liverpool lantaran 96 orang yang tewas itu merupakan pendukung mereka. 

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini