get app
inews
Aa Read Next : Pasukan Rusia Serang Pusat Komando Ukraina di Zaporizhzhia

Heboh, Pasukan Mobilisasi Rusia Dipersenjatai Senapan Era Perang Dunia II

Sabtu, 24 September 2022 | 20:38 WIB
header img
Wajib Militer Rusia dipersenjatai Senapan Era PD I. Foto: twitter.

Menteri Pertahanan Sergei Shoigu buru-buru mengklarifikasi bahwa hanya 300.000 pasukan cadangan yang memiliki pengalaman tempur dan keahlian khusus saja yang akan dilibatkan. Walaupun nyatanya kemudian beredar informasi bahwa setidaknya 1 juta personil termasuk mahasiswa dan pemuda tanpa pengalaman yang sedang diupayakan untuk dikirim ke peperangan. 

Beberapa video dan foto-foto tentang buruknya sistem rekruitmen pasukan mobilisasi ini membanjiri media massa sekaligus menyajikan fakta-fakta yang berlawanan dengan retorika Kremlin. 

Salah satunya foto yang menunjukkan barisan pasukan "baru" Rusia yang dipersenjatai dengan senjata peninggalan era Perang Dunia I & II. Senjata laras panjang jenis Nagant/Mosin Riffles buatan tahun 1890/1891 lengkap dengan sangkur panjang nampak disandang oleh ratusan prajurit yang akan dikirim ke garis depan. 

Juga video twitter yang diunggah akun Nexta, menggambarkan kekecewaan para wajib miiter karena dipersenjatai dengan senapan serbu Kalashnikov yang sudah karatan dan usang. Video serupa juga diunggah akun twitter Visegrad24, UkraineWorld serta banyak video dan akun-akun lainnya. 

Kolumnis Bloomber yang juga mantan Admiral US Navy, James Stavridis 

"Ukraina, mengetahui bahwa mereka pada akhirnya mungkin menghadapi kekuatan yang jauh lebih besar, akan mempersiapkan tanggapan mereka sendiri. Mereka akan mencari (dan mungkin menerima dari Barat) sistem yang dapat meniadakan sejumlah besar prajurit berjalan kaki: pesawat serang jarak dekat, tank dan artileri, senapan mesin terpasang, mortir presisi dan rudal permukaan-ke-permukaan jarak jauh," tulis James Stavridis seperti dilansir Military.com 23 September 2022. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut