get app
inews
Aa Read Next : Tukar Uang: BI Babel Siapkan Rp1,6 Triliun Uang Baru untuk Penuhi Kebutuhan Lebaran 

BI Ungkap 24 Subsektor Prioritas Pemulihan Ekonomi

Rabu, 24 November 2021 | 13:55 WIB
header img
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo. (Foto: MNC Media)

JAKARTA, lintasbabel.id - Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo, mengatakan ada 24 subsektor prioritas yang dapat menjadi fokus untuk mendorong pemulihan ekonomi. Artinya, ke-24 subsektor tersebut harus menjadi fokus, untuk sinergi vaksinasi Covid-19 dan pembukaan aktivitas ekonomi.  

"Sinergi vaksinasi dan pembukaan ekonomi dapat fokus pada 24 subsektor prioritas, 8 di antaranya adalah makanan dan minuman, kimia, otomotif, karet, kertas, logam dasar, TPT, dan alas kaki, dan tentu saja UMKM," kata Perry, dalam Pertemuan Tahunan BI 2021 secara virtual di Jakarta, Kamis(24/11/2021). 

Menurut dia, untuk memperkuat pemulihan ekonomi nasional, ada satu prasyarat, yaitu vaksinasi dan pembukaan sektor-sektor ekonomi. Hal ini juga disertai lima respon kebijakan.

"Pertama transformasi sektor riil. Kedua, stimulus fiskal dan moneter. Ketiga, kredit dan transformasi keuangan. Keempat, digitalisasi ekonomi keuangan, dan kelima ekonomi keuangan inklusif dan hijau," ujar Perry. 

Dia mengatakan, sinergi vaksinasi dengan pembukaan kegiata ekonomi sangat penting, supaya ekonomi segera pulih dan dalam jangka panjang, pertumbuhan kembali lebih tinggi menuju Indonesia maju. 

Menurut dia, respon kebijakan pertama akselerasi transformasi sektor prioritas melalui implementasi proyek strategis nasional dan UU Cipta Kerja, kemudahan peraturan dan perizinan, promosi, investasi, dan perdagangan. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut