get app
inews
Aa Read Next : PT Pertamina Patra Niaga Pastikan Pasokan BBM dan Elpiji di Babel Aman Jelang Nataru

Ketersediaan BBM Selama Penyelenggarakan G20 di Belitung, Dipastikan Aman

Sabtu, 03 September 2022 | 13:04 WIB
header img
Ketersediaan BBM selama penyelenggarakan G20 di Belitung, dipastikan aman. (Foto : lintasbabel.id/ Irwan Setiawan)

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Ketersediaan stok Bahan Bakar Minyak (BBM) selama penyelenggaraan Pertemuan Tingkat Menteri Pembangunan G20 Presidensi Indonesia, di Pulau Belitung dipastikan aman. G20 di Belitung digelar tanggal 7 hingga 9 September 2022.

Sales Branch Manager PT. Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel Reiner Bontong mengatakan, pihaknya siap mendukung penambahan stok BBM selama penyelenggaraan G20.  

Menurutnya untuk memenuhi 500 kendaraan para peserta G20, panitia acara, maupun masyarakat Belitung, pihak Pertamina telah menyiapkan sarana dan fasilitas (sarfas) Fuell Terminal atau depot dan melengkapi dengan peralatan hingga penambahan Sumber Daya Manusia (SDM).  

"Sementara di SPBU, kami sudah menyiapkan baik dari sisi kerapian, kebersihan maupun kesiapan stok masing-masing SPBU. Untuk supply ke masing-masing penyalur, kami upayakan penambahan, baik pertalite, pertamax maupun bio solar termasuk aftur," kata Reiner Bontong, Sabtu (3/9/2022). 

Ia menambahkan estimasi persentase penambahan yang telah disediakan untuk gasoline, yaitu gabungan pertalite dan pertamax adalah 15%, sedangkan estimasi untuk gasoil atau solar untuk mesin diesel adalah 6%. 

Estimasi tersebut diukur dari rata-rata penyaluran harian ketika normal. Persiapan penambahan ini akan dimulai pada tanggal 4-10 September 2022 setelah selesai rangkaian G20.  

Terkait jumlah pesawat yang akan tiba di Bandar Udara H.AS. Hanandjoeddin Tanjung Pandan Belitung dan seberapa banyak BBM jenis aftur yang akan dibutuhkan seluruh pesawat, PT. Pertamina melakukan koordinasi dengan PT. Angkasa Pura II. 

Secara teknis, penambahan stok BBM akan dilakukan menggunakan kapal yang sudah floating atau standby di Fuell Terminal. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kendala seperti cuaca.  

"Kami tetap jaga, supaya stok di Fuell Terminal tetap aman, agar distribusi ke SPBU itu tidak terlambat," ujarnya.

Dikatakan Reyner Bontong, bahwa untuk SPBU tidak ada spesifik penunjukan khusus, mengingat Pertamina memiliki tiga lembaga penyalur terdekat dari Sheraton Belitung Resort, tempat penyelenggaraan G20.  

"Dua pertashop dan satu SPBU Kompak ini yang akan kami prioritaskan, selain satu unit mobil tangki yang akan kami siapkan jika memang diperlukan. Stok di tiga penyalur ini yang akan kami jaga, karena memang yang terdekat dari lokasi. Malam juga tetap beroperasi," tuturnya.

Selain itu, SPBU di Tanjung Pandan juga tetap disiapkan. Pihaknya telah berkoordinasi dengan Polres Belitung supaya nantinya SPBU di Kota akan disiapkan stoknya.  

Editor : Haryanto

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut