get app
inews
Aa Read Next : 15 Contoh Kalimat Retoris yang Sering Digunakan dalam Komunikasi

Cara Membuat Teks Pidato Persuasif Tentang Pendidikan, Lengkap Beserta Struktur dan 4 Contohnya

Rabu, 24 Agustus 2022 | 18:20 WIB
header img
Presiden pertama RI, Soekarno merupakan seorang yang sangat jago dalam berpidato. Setiap pidatonya selalu menggema dan mampu membuat orang banyak tergerak untuk mengikuti apa isi dalam pidato tersebut. (Foto: doc iNews.id)


Contoh 3

(Bagian Pembukaan)

Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua.

Puji syukur saya panjatkan atas kehadirat Tuhan YME. karena atas berkat dan rahmatnya, kita dapat berkumpul di halaman sekolah yang rapi dan bersih ini.

Pertama-tama, izinkan saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk menyampaikan pidato tentang pendidikan. Saya harap, apa yang akan saya sampaikan dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

(Bagian Isi)

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Seperti yang kita ketahui, pendidikan merupakan elemen penting dalam kehidupan ini. Hal tersebut, hendaknya menjadi perhatian semua pihak. Pendidikan dapat menjadi kekuatan dalam membangun sebuah bangsa yang kuat, cerdas, dan bijaksana. Dengan kondisi pendidikan saat ini, tentunya kita perlu menyadari pentingnya sinergi semua pihak untuk memajukan pendidikan.

Para hadirin yang saya hormati,

Dalam rangka memajukan pendidikan di negeri ini, kita harus memulai dari lembaga formal. Kita memerlukan regulasi yang matang dan baik bagi pendidikan terbaik. Tentunya, kita memerlukan proses dan konsistensi untuk melakukan perbaikan dan menghasilkan lulusan yang berkompeten.

Selain itu, kita juga perlu menyadari bahwa dengan tren digitalisasi, pendidikan pun harus disesuaikan dengan zaman. Tidak hanya mengenai penggunaan teknologi dalam pendidikan, tetapi kita juga akan memerlukan pendidikan karakter yang dapat memaksimalkan manfaat teknologi itu sendiri.

Bangsa yang besar dibangun dengan sinergi dari semua unsur, dibekali dengan kerja keras dan konsistensi. Maka dari itu, mari kita saling bersinergi, mengeratkan pegangan untuk pendidikan Indonesia yang lebih maju.

(Bagian Penutup)

Hadirin yang terhormat,

Demikian yang bisa saya sampaikan. Semoga apa yang saya sampaikan dapat dimaknai oleh hadirin di sini. Atas kurang lebihnya, saya mohon maaf.

Akhir kata, saya ucapkan terima kasih atas kesempatan ini.
Selamat pagi.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut