get app
inews
Aa Read Next : 15 Contoh Kalimat Retoris yang Sering Digunakan dalam Komunikasi

Cara Membuat Teks Pidato Persuasif Tentang Pendidikan, Lengkap Beserta Struktur dan 4 Contohnya

Rabu, 24 Agustus 2022 | 18:20 WIB
header img
Presiden pertama RI, Soekarno merupakan seorang yang sangat jago dalam berpidato. Setiap pidatonya selalu menggema dan mampu membuat orang banyak tergerak untuk mengikuti apa isi dalam pidato tersebut. (Foto: doc iNews.id)

Lantas, apakah pidato persuatif itu?

Pidato persuasif adalah salah satu jenis pidato yang dilakukan dengan tujuan mengajak atau meyakinkan orang lain melakukan sesuatu yang bermanfaat. Sesuai dengan namanya, persuasi atau pengaruh, pidato persuasif digunakan untuk memberikan pengaruh pada audiens. Pidato persuasif biasanya menggunakan kata ajakan, seperti: “mari” dan “ayo”.

Pidato semacam ini sering disampaikan ketika memperingati hari-hari besar atau menyampaikan hal-hal penting. Misalnya, ajakan untuk menjaga kebersihan dan ajakan untuk selalu berbuat baik kepada guru atau orang tua.

Ajakan yang dilakukan dalam pidato persuasif juga biasanya bukanlah sesuatu yang langsung berdampak besar. Tetapi, merupakan ajakan untuk perubahan-perubahan kecil, seperti mengubah perilaku.


Struktur Pidato Persuasif

Teks pidato persuasif memiliki tiga bagian, yaitu pembukaan, isi pidato atau penjelasan, dan terakhir adalah penutup.

1.Bagian pembukaan

Bagian pertama ini kamu bisa menuliskan sapaan atau salam pembuka bagi audiens, ucapan syukur, ucapan penghormatan, dan dapat disertai dengan pengantar topik pidato,

2. Bagian isi

Bagian kedua merupakan bagian paling penting, karena mengandung inti pidato. Pada bagian ini, kamu bisa memberikan penjelasan mendetail tentang topik pidato. Usahakan untuk menggunakan sumber yang dapat dipercaya dan susun teks dengan logis. Hal itu, akan membantu untuk menyampaikan ajakan atau himbauan.

3. Bagian penutup

Pada bagian akhir pidato persuasif, kamu bisa menyampaikan kesimpulan pidato dengan ringkas. Kamu bisa menambahkan penegasan atas ajakan atau himbauan yang sudah disampaikan. Setelah itu, ditutup dengan salam penutup.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut