get app
inews
Aa Read Next : 15 Contoh Kalimat Retoris yang Sering Digunakan dalam Komunikasi

Cara Membuat Teks Pidato Persuasif Tentang Pendidikan, Lengkap Beserta Struktur dan 4 Contohnya

Rabu, 24 Agustus 2022 | 18:20 WIB
header img
Presiden pertama RI, Soekarno merupakan seorang yang sangat jago dalam berpidato. Setiap pidatonya selalu menggema dan mampu membuat orang banyak tergerak untuk mengikuti apa isi dalam pidato tersebut. (Foto: doc iNews.id)


Contoh 2

(Bagian Pembukaan)

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Para hadirin yang saya hormati. Pada kesempatan kali ini, mari kita sampaikan rasa syukur kepada Allah SWT, yang berkat rahmat dan hidayah-Nya, kita diberikan kesempatan untuk hadir dalam acara siang ini.

(Bagian Isi)

Hadirin yang sedang berbahagia,

Dalam kaitannya dengan mencari ilmu, Allah pernah menguji para malaikat. Ternyata, tidak ada seorang pun di dunia ini yang mempunyai ilmu selain Allah. Dengan begitu, kita diberi tahu bahwa sebagian ilmu yang kita miliki hanya titipan Allah. Kita sebagai manusia hanya memiliki ilmu sebatas apa yang diajarkan kepada kita. Begitu juga dengan malaikat.

Oleh karena itu, hendaknya kita tidak menyombongkan diri atas ilmu yang kita miliki, dan atas apa pun yang hanya sebagai titipan Allah.

Kita diajarkan pentingnya mencari ilmu, karena mencari ilmu memiliki keutamaan untuk dimudahkan melalui jalan kebenaran. Betapa mulianya orang yang berilmu, bahkan orang lain yang duduk bersamanya juga akan mendapatkan ilmunya. Walaupun hanya sebentar atau sedikit, menimba ilmu disukai oleh Allah.

Untuk itu, marilah kita bersama-sama berusaha menjadi pelajar yang tekun dan senang mencari ilmu. Mari kita mencari ridha Allah melalui belajar dan mencari ilmu.

(Bagian Penutup)

Sekian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Semoga apa yang saya sampaikan memberikan manfaat dan semoga kita diberikan ilmu yang bermanfaat oleh Allah.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut