get app
inews
Aa Read Next : 15 Contoh Kalimat Retoris yang Sering Digunakan dalam Komunikasi

Cara Membuat Teks Pidato Persuasif Tentang Pendidikan, Lengkap Beserta Struktur dan 4 Contohnya

Rabu, 24 Agustus 2022 | 18:20 WIB
header img
Presiden pertama RI, Soekarno merupakan seorang yang sangat jago dalam berpidato. Setiap pidatonya selalu menggema dan mampu membuat orang banyak tergerak untuk mengikuti apa isi dalam pidato tersebut. (Foto: doc iNews.id)

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Cara membuat teks pidato persuasif tentang pendidikan dapat kamu ketahui dalam artikel berikut ini. Tak lupa juga dengan strukturnya. Harapannya kamu dapat membuat teks pidato persuasif tentang pendidikan sesuai dengan standar yang sering digunakan secara umum. Yang terpenting menambah pengetahuan kamu tentang teks pidato persuasif.

Menurut KBBI, pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak, atau wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak.

Tujuan Teks Pidato

Adapun tujuan pidato yaitu harus informatif, argumentatif, rekreatif, dan persuasif. Informatif maksudnya adalah memberikan pemahaman atau informasi terhadap orang lain.

Argumentatif adalah meyakinkan pendengar. Rekreatif, membuat orang lain senang dengan teks pidato yang disampaikan karena bersifat menghibur. Dan yang teakhir tujuan pidato adalah Persuasif artinya, memberikan pengaruh pada orang lain agar bersedia untuk mengikuti kemauan yang diinginkan oleh orator atau orang yang berpidato.

Sayangnya, berpidato tidak semudah yang kita bayangkan. Butuh sejumlah persiapan agar pidato yang disampaikan bisa lekat diingatan pendengarnya. Terlebih, jika pidato tersebut bertujuan untuk mempersuasi orang lain.

Karena itu, dibutuhkan sebuiah teks pidato persuasif, agar pidato kita menjadi elegan dan penuh makna.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut