get app
inews
Aa Read Next : 30 Contoh Kalimat Kompleks

Contoh Teks Tanggapan Singkat Beserta Strukturnya

Senin, 31 Oktober 2022 | 11:39 WIB
header img
Teks tanggapan berisi tentang pendapat seseorang terhadap suatu hal berupa kritik, pujian, sanggahan maupun saran. Foto: ilustrator dialog/istimewa.

JAKARTA, Lintasbabel.iNews.id - Contoh teks tanggapan singkat beserta strukturnya akan dibahas dalam artikel kali ini. Para siswa dapat mengambil beberapa contoh teks tanggapan sebagai salah satu referensi dalam belajar. 

Teks tanggapan berisi tentang pendapat seseorang terhadap suatu hal berupa kritik, pujian, sanggahan maupun saran.

Teks tanggapan sendiri termasuk dalam jenis teks nonfiksi. Hal ini karena teks tanggapan berisi informasi yang sesuai dengan fakta dan data secara objektif.

Struktur teks tanggapan adalah evaluasi, deskripsi teks, dan penegasan ulang. Sedangkan untuk penulisannya, teks tanggapan menggunakan bahasa yang logis dan sopan.

 

Berikut ini beberapa contoh teks tanggapan yang bisa kamu pelajari:

Contoh Teks Tanggapan

1. Contoh Teks Tanggapan tentang Galon Sekali Pakai

(Evaluasi)

Demi alasan kebersihan dan lebih steril, penggunaan galon sekali pakai saat ini beredar cukup luas di kalangan masyarakat. 

Namun, menurut saya gagasan ini merupakan tindakan yang tidak mempedulikan efek dan dampaknya bagi lingkungan, yaitu menyebabkan peningkatan sampah plastik.

 

(Deskripsi Teks)

Selama ini bumi kita sudah cukup kesakitan akibat berbagai pencemaran lingkungan dan juga pemanasan global yang setiap tahunnya semakin memperburuk keadaan. 

Dilansir dari NASA, tercatat suhu permukaan rata-rata bumi telah meningkat sekitar 2,05 derajat Fahrenheit (1,14 derajat Celcius) sejak akhir abad ke-19. 

Peningkatan suhu bumi ini berdampak nyata dengan setiap tahunnya, gletser es di kutub terus mencair, dan juga terjadinya perubahan iklim. Kemudian dengan beredarnya galon sekali pakai ini akan sangat berpengaruh buruk bagi lingkungan.

 

(Penegasan Ulang)

Saya berharap pemerintah dapat mempertimbangkan kembali kebijakan mereka untuk peredaran galon sekali pakai ini, dan mengoptimalkan upaya penggunaan produk-produk yang merupakan hasil daur ulang.

Sehingga dapat mengurangi adanya limbah-limbah plastik dan juga terjadinya pencemaran lingkungan.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut