get app
inews
Aa Read Next : Ciri-Ciri Senyawa Hidrokarbon Aromatik

Contoh Teks Deskripsi Singkat Lengkap dengan Strukturnya

Senin, 15 Agustus 2022 | 21:20 WIB
header img
Cara membuat teks deskripsi dan strukturnya. (Foto: ilustrasi)

Contoh Teks Deskripsi

2 Wayang Suket

(Identifikasi) 

Wayang suket adalah jenis perkembangan terbaru dunia pewayangan. Tidak seperti kreasi wayang yang lain yang dibuat dari bambu, wayang suket terbuat dari rumput seperti namanya yang dibentuk menyerupai wayang kulit.

Biasanya wayang jenis ini dibuat untuk menyampaikan cerita pewayangan kepada anak-anak suku Jawa.

 

(Deskripsi bagian) 

Wayang suket sendiri pertama kali dibuat oleh Mbah Gepuk pada tahun 1905. Sejak itu, pembuatannya diwariskan secara turun-temurun.

Rupanya tak semua rumput bisa dijadikan bahan, melainkan hanya rumput jenis kasuran. Rumput kasuran dipilih karena memiliki tekstur yang kuat, tidak mudah patah, dan mudah dianyam. 

Rumput kasuran merupakan rumput liar yang tumbuh disekitar hutan dekat Kecamatan Rembang, Purbalingga. Konon, rumput ini hanya bisa dipetik saat bulan Suro.

 

(Simpulan) 

Banyaknya jenis wayang yang ada di Indonesia merupakan wujud dari kelestarian kebudayaan. Cerita menggunakan wayang pun bisa menjadi alternatif untuk mendidik generasi-generasi bangsa Indonesia. 

Meski saat ini wayang bukan pilihan utama untuk media pembelajaran masih banyak masyarakat yang menikmati wayang sebagai hiburan.

 

Itulah contoh teks deskripsi singkat beserta strukturnya yang bisa kamu gunakan sebagai bahan referensi belajar. Selamat mencoba membuat teks deskripsi!

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut