get app
inews
Aa Read Next : Triwulan I 2024, Pertumbuhan Ekonomi Babel Melambat Dibanding Capaian Triwulan I 2023

BI : Ekonomi Bangka Belitung Tetap Tumbuh Tinggi

Senin, 08 November 2021 | 18:58 WIB
header img
Gedung Kantor Perwakilan BI Babel. (Foto : istimewa)

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Perekonomian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) tetap tumbuh tinggi pada triwulan III 2021, meskipun sedikit melambat dibandingkan triwulan sebelumnya. 
BPS mencatatkan kinerja ekonomi Bangka Belitung tumbuh sebesar 6,11% (yoy), sedikit melambat dibandingkan triwulan II 2021 yang tumbuh 6,88% (yoy) seiring dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada akhir Juli 2021. 

Namun demikian, membaiknya kinerja sektor eksternal sejalan dengan pemulihan ekonomi global terus mendorong peningkatan volume perdagangan global termasuk ekspor komoditas unggulan Bangka Belitung. 

Pertumbuhan ekonomi Bangka Belitung pada triwulan ini didorong oleh pertumbuhan kinerja ekspor luar negeri yang tumbuh 62,69% (yoy), meskipun sedikit melambat dibandingkan triwulan sebelumnya yang tumbuh 73,68% (yoy). Pertumbuhan kinerja ekspor terutama ditopang oleh tetap tingginya permintaan komoditas dari negara mitra dagang utama, seperti Tiongkok, Amerika Serikat, dan Singapura. 

"Hal ini tercermin dari peningkatan harga logam timah pada triwulan III 2021 rata-rata sebesar 33.790 USD/MTon atau tumbuh 91,14% (yoy), sementara pada triwulan II 2021 harga rata-rata logam timah sebesar 29.076 USD/MTon atau tumbuh 97,23% (yoy)," ungkap Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Babel, Tantan Heroika dalam keterangan resminya, Senin (8/11/2021).

Adapun komoditas unggulan lainnya seperti CPO dan lada juga menunjukkan tren peningkatan harga selama triwulan III 2021. Perkembangan positif sektor eksternal juga mendorong perbaikan kinerja investasi yang tumbuh positif sebesar 3,94% (yoy), meskipun sedikit melambat dibandingkan triwulan sebelumnya yang tumbuh 6,36% (yoy). 

Beberapa proyek infrastruktur pemerintah dan swasta sudah mulai berjalan seperti pembangunan jalan/jembatan dan pengadaan mesin perlengkapan jalur kabel listrik Sumatera - Bangka. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut