get app
inews
Aa Read Next : Mantan Gubernur Babel Erzaldi Dicecar 3 Pertanyaan Saat Diperiksa Penyidik Kejati Babel

Eksportir Sulit Dapat Kapal, Gubernur Sidak Pelabuhan Tanjungpandan

Jum'at, 05 November 2021 | 17:52 WIB
header img
Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman melakukan inspeksi mendadak (sidak) dengan menyambangi aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Kamis (4/11/2021). (Foto: Humas Pemprov Babel)

BELITUNG, lintasbabel.id - Merespon keluhan para eksportir yang mengalami kesulitan menjalankan bisnisnya, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman melakukan inspeksi mendadak (sidak) dengan menyambangi aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Kamis (4/11/2021).

Sidak dilakukan gubernur untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh berbagai pihak terkait, seperti PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo), dan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) dalam memberikan pelayanan aktivitas bongkar muat.

"Sidak ini dilakukan setelah saya mendapat laporan bahwa komoditi ekspor dari Belitung terutama ekspor perikanan sulit mendapatkan kapal. Jadi saya mengambil kebijakan mengumpulkan secara cepat pihak Pelindo, KSOP, operator kapal, dan pelaku ekspor," ujar Gubernur Erzaldi.

Setelah mendapatkan penjelasan, diketahui permasalahan terdapat pada pendangkalan alur pelabuhan, sehingga aktivitas kapal dengan muatan besar menjadi terbatas. Terlebih pengerukan alur tidak dapat dilakukan dikarenakan masih berlangsungnya rehabilitas Pelabuhan Tanjung Batu yang diprediksi selesai pada Mei 2022.

"Memang terkendala alur Pelabuhan Tanjungpandan yang dangkal, dan memang belum ada pengembangan dermaga sejak beberapa tahun terakhir. Namun kami tidak bisa menunggu, karena ini kebutuhan yang sangat mendesak sekali," ujarnya.

Masalah lainnya yang ditemui yakni keterbatasan jam operasional bongkar muat, baik operator kapal maupun gudang penyimpanan barang yang tidak beroperasi 24 jam. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut