Logo Network
Network

Emak-emak Harus Waspada, di Pangkalpinang Ada Jual Body Pelakor

Haryanto
.
Selasa, 02 Agustus 2022 | 09:43 WIB
Emak-emak Harus Waspada, di Pangkalpinang Ada Jual Body Pelakor
Kuliner Lempah kuning khas Bangka, yang diberi nama body pelakor singkatan dari kata badan, kepala dan ekor. (Foto : lintasbabel.id/ Haryanto)

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Masyarakat Kota Pangkalpinang dan sekitarnya saat ini wajib waspada. Sebab, di kota yang dikenal dengan Kota Beribu Senyuman itu terdapat kedai atau warung yang menjual “body pelakor”.

Namun “body pelakor” yang satu ini bermakna berbeda. Sebab, “body pelakor” kali ini merupakan sebuah menu makanan di sebuah kedai yang ada di Kota Pangkalpinang.

Kedai yang diberi nama Dilempah OMB tersebut menyajikan menu andalan, yaitu lempah kuning “body pelakor” yang berarti badan, kepala dan ekor.

Hidangan khas Pulau Bangka ini menggunakan bahan dasar ikan laut yang dimasak bersama bumbu-bumbu khusus warisan nenek moyang yaitu lempah kuning. 

Lempah kuning ikan ini biasanya disantap bersama lalapan sayur dan sambal yang dikenal masyarakat Bangka Belitung dengan sebutan sambal terasi.

Lempah atau sup berkuah kuning ini diracik menggunakan perpaduan rempah-rempah alami seperti kunyit, bawang, cabai, asem jawa, dan terasi ditambah garam, gula dan penyedap rasa.

Bumbu tersebut kemudian ditumbuk atau dihaluskan menggunakan blender. Selanjutnya bumbu yang sudah dihaluskan direbus dengan air hingga mendidih. 

Setelah itu, baru kemudian ikan segar dimasukkan ke dalam rebusan air bumbu tersebut dan tunggu sekitar 10 sampai 15 menit dan lempah kuning siap dihidangkan.

Penjual lempah kuning “body pelakor”, Fadil mengaku memasak merupakan salah satu hobinya. Apalagi dirinya berlatar belakang dari keluarga yang pintar memasak.

“Bakat memasak ini saya warisi dari nenek dan ibu saya. Sejaktu kecil saya sudah hobi memasak. Dulu sering bantu orang tua bikin sekaligus jual lauk masak di rumah,” kata Fadil, Selasa (2/8/2022).

Dia mengatakan berbekal keahlian memasak tersebut akhirnya dirinya memberanikan diri membuka sebuah warung lempah kuning di Jalan Stania, Bukit Baru, Pangkapinang.

“Alhamdulillah sekarang saya sudah buka warung sendiri. Menu andalannya yaitu lempah kuning “body pelakor” (badan, kepala dan ekor),” ujarnya.

Sementara untuk harga lempah kuning ikan yang ditawarkan di warung ini bervariasi mulai dari Rp25.000-Rp40.000 per porsi, tergantung jenis dan bobot ikan yang dipilih.

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini