get app
inews
Aa Read Next : Matangkan Program Kerja, Pengurus HIPMI Bangka Gelar Rapat Konsolidasi

8 Kisah Sukses Pengusaha yang Memulai Bisnis dari Nol di Indonesia

Jum'at, 29 Juli 2022 | 17:14 WIB
header img
Chairul Tanjung, owner CT Corp. Foto: istimewa

JAKARTA, lintasbabel.id - Beberapa kisah sukses para pengusaha Tanah Air dalam artikel ini bisa menjadi referensi Anda yang sedang merintis bisnis. Mereka memulai kesuksesan dari nol hingga bisa menjadi miliarder dan populer di Indonesia. Bahkan dari sejumlah nama berikut ini, diantaranya pernah menjabat sebagai Menteri.

Siapa saja pengusaha sukses yang memulai usahanya dari nol di Indonesia? Berikut ini profilnya.

 

8 Kisah Pengusaha Sukses yang Memulai Bisnis dari Nol 

1. Sudono Salim

Pendiri Indofood, BCA, dan Bogasari merupakan pengusaha sukses dari nol di Indonesia. Ia merupakan imigran dari negeri Tiongkok dan berhasil membangun bisnisnya di sini.

Pria yang bernama asli Liem Sioe Liong ini pergi ke Surabaya menghindari konflik negaranya. Sempat menggelandang, Sudono lantas merintis bandar cengkeh yang saat itu cukup sukses. 

Bisnis tersebut tidak bertahan lama karena Indonesia dijajah Jepang. Barulah saat Indonesia merdeka dan kondisi ekonomi saat itu lagi sulit, Sudono Salim mendirikan Central Bank Asia atau sekarang dikenal BCA (Bank Central Asia).

Dari sana, Sudono Salim melebarkan bisnisnya pada produksi pangan (Bogasari) dan makanan olahan mie (Indomie) hingga sekarang.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut