get app
inews
Aa Read Next : Tingkatkan Mutu, Polres Bangka Akreditasi Klinik Pratama

Kenali Gejala Stroke, Jangan Dibiarkan Lebih dari 4,5 Jam

Kamis, 28 Oktober 2021 | 13:35 WIB
header img
Ilustrasi Stroke.

TAUKAH Anda, stroke ternyata merupakan penyakit yang sangat ditentukan oleh waktu, dalam proses penanganannya. Artinya, ketika gejala stroke sudah muncul, maka pasien harus segera menerima pertolongan medis di rumah sakit. 

Menurut Dokter Spesialis Saraf Konsultan, dr Dodik Tugasworo Pramukarso, Sp.S(K), penyakit stroke berpacu dengan waktu. Semakin lama penanganan yang diterima oleh pasien, maka keparahan semakin besar terjadi.   

"Jika gejala stroke muncul, jangan biarkan pasien tanpa tindakan medis sama sekali lebih dari 4,5 jam. Sebab, kerusakan yang terjadi akan semakin parah dan penanganan menjadi lebih rumit," kata dr Dodik dalam webinar Hari Stroke Sedunia 2021, yang diselenggarakan Kementerian Kesehatan, Kamis (28/10/2021). 

Waktu 4,5 jam, ujarnya, itu bukan waktu pasien sampai di rumah sakit. Tapi, waktu yang diperlukan untuk obat sudah ada di dalam tubuh pasien. Artinya, sebisa mungkin dan sesegera mungkin pasien ketika stroke muncul, langsung ditangani oleh tim dokter di rumah sakit. 

Apa yang akan terjadi jika pasien stroke dibiarkan tanpa tindakan medis?. Menurut paparan dr Dodik, itu berkaitan dengan sumbatan yang ada di otak. 

"Jadi, jika sumbatan tidak segera dibuka, setiap menitnya ada 1,9 juta sel saraf otak yang mati di area sumbatan, dan itu artinya tidak ada pertumbuhan sel baru penggantinya. Ini yang kemudian menyebabkan kecacatan atau bahkan kematian," terangnya. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut