get app
inews
Aa Read Next : Kurang dari Sepekan Menjabat KSAD, Jenderal TNI Agus Subiyanto Diajukan jadi Panglima TNI 

Panglima TNI Mutasi 108 Pati, Berikut Daftar Lengkapnya

Selasa, 26 Oktober 2021 | 14:17 WIB
header img
Panglima TNI, Marsekal TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan mutasi 108 Perwira Tinggi (Pati) di lingkungan TNI.

Sosok Mayjen Teguh Pudjo Rumekso

Mayjen Teguh Pudjo Rumekso didapuk sebagai Pangdam VI Mulawarman. Kodam ini merupakan kewilayahan pertahanan yang meliputi Provinsi Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur  dan Kalimantan Utara dan bermarkas di Kota Balikpapan. 

Teguh merupakan jenderal bintang dua lulusan terbaik Akademi Militer (Akmil) 1991. Dengan kata lain, prajurit kelahiran Medan, Sumatera Utara ini peraih penghargaan Adhi Makayasa. 

Rekam jejak jabatan Mayjen Teguh Pudjo Rumekso sebelum menjadi Pangdam Mulawarman dimulai dari Perwira Pertama Pussenif Kodiklat TNI AD pada 1991. Kemudian berlanjut sebagai Perwira Pertama Kodam V/Brawijaya (1992). 

Saat mencapai pangkat letnan kolonel, dia menjabat Dandim 0904/Tanah Grogot dan selanjutnya masuk ring 1 Istana dengan menjabat Wadan Grup B Paspampres. Naik pangkat kolonel, beberapa jabatan strategis pernah dipegangnya, antara lain Komandan Korem 172/Praja Wira Yakthi di Abepura, Jayapura, Papua. 

Pangkat jenderal bintang satu didapat Teguh saat dipromosikan sebagai Wadan Pussenif Kodiklatad pada 2016. Kemudian berlanjut sebagai Kasdam VI/Mulawarman. 

Dia selanjutnya kembali ke Pussenif sebagai komandan pada 2018. Kemudian menjabat Danpuspenerbad pada 2020 sekaligus mengikuti jejak seniornya yang pernah menghuni kesatuan untuk mendukung mobilitas tempur TNI AD tersebut. Kini tegus kembali ke Kodam VI Mulawarman dengan menjadi Pangdam.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut