get app
inews
Aa Read Next : Mantan Gubernur Babel Erzaldi Dicecar 3 Pertanyaan Saat Diperiksa Penyidik Kejati Babel

Erzaldi : Siswa SMK Harus Mampu Bersaing, Jika Tidak Akan Tertinggal

Jum'at, 22 Oktober 2021 | 15:41 WIB
header img
Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, menyapa siswa SMK Negeri 3 Tanjungpandan, dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Belitung, Kamis (21/10/2021). (Foto: Humas Pemprov Babel)

BELITUNG, lintasbabel.id - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, menyapa siswa SMK Negeri 3 Tanjungpandan, dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Belitung. Ia memberikan motivasi kepada para siswa dan guru di sekolah tersebut, Kamis (21/10/2021).

Dihadapan para guru dan perwakilan siswa yang tergabung dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), Gubernur Erzaldi mengingatkan, khususnya bagi para siswa untuk mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya dalam menghadapi tantangan di masa mendatang.

"Siswa harus mau dan bisa bersaing. Kalau kalian mampu bersaing, itu menunjukkan kelebihan dan kesiapan kalian. Tapi sebaliknya, jika kalian tidak mampu bersaing, akan menunjukkan kekurangan kalian, sehingga kalau tidak mampu, otomatis akan out," ujarnya.

Para siswa, kata Erzaldi, harus memahami jika bersekolah di SMK yang merupakan sekolah kejuruan, akan dihadapkan pada persaingan skill di dunia industri. Terlebih, Belitung sebagai daerah wisata membuka peluang bagi lulusan SMK Perhotelan ini untuk mendapat kesempatan kerja. Tetapi, jika tidak ada persiapan maksimal, peluang yang ada akan direbut orang lain. 

Gubernur Erzaldi memberikan contoh yang menjadikan para lulusan SMK kerap tidak terpakai di dunia industri. Ia mengetahui hal itu, setelah mendengarkan cerita dari salah satu pemilik cafe, yang mengungkapkan alasan 'kalahnya' para lulusan siswa kejuruan ini.

"Masalahnya simpel, katanya anak-anak muda itu tidak tahan mental. Baper jika ditegur, dikomplain, kemudian tidak disiplin, dan buntutnya berhenti bekerja. Kalian harus tahu apa yang dibutuhkan dunia usaha, dunia industri, apa yang diinginkan restoran, hotel. Ini karena suatu kebiasaan, sehingga banyak yang gagal," ungkap gubernur.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut