Logo Network
Network

PPKM Kabupaten Bangka Barat Diprediksi Turun ke Level 2

Rizki Ramadhani
.
Senin, 18 Oktober 2021 | 16:37 WIB
PPKM Kabupaten Bangka Barat Diprediksi Turun ke Level 2
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka Barat, M. Putra Kusuma. (Foto: lintasbabel.id / Rizki Ramadhani)

BANGKA BARAT, lintasbabel.id - Angka kasus  terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Bangka Barat (Babar) sudah mulai menurun. Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Bangka Barat, M. Putra Kusuma memprediksi, Kabupaten Babar dapat turun ke PPKM Level 2. Namun, pihaknya masih menunggu pengumuman terbaru, dari terbitnya surat keputusan Inmendagri malam nanti. 

"Kalau dari data-data yang ada kita memang mengarah ke level 2, semua indikator sudah terpenuhi di tingkat 2, hanya tinggal menunggu pengumuman apakah kita tetap di level 3 atau level 2 atau stagnan," ujar M. Putra Kusuma. 

Faktor yang memungkinkan Bangka Barat turun ke level 2, karena telah terpenuhinya indikator transmisi komunitas, indikator kapasitas respon, kepatuhan prokes dan vaksinasi.

"Faktor penurunan yang pertama adalah kesadaran masyarakat sudah semakin baik, setiap kasus yang ada direspon oleh Satgas misalnya dilakukan tracing, testing dan yang positif di karantina di isoter. Kemudian pelaksanaan vaksinasi juga mempengaruhi," ucapnya. 

Sementara itu, terkait adanya kabar gelombang ketiga dari pandemi Covid-19 yang kemungkinan akan terjadi, pihaknya sudah siap untuk upaya antisipasi.

"Jadi, fasilitas kesehatan itu disiapkan untuk menghadapi kemungkinan pandemi gelombang ketiga nanti, jangan sampai faskesnya kolaps tidak mampu menampung pasien-pasien yang ada, dan itu yang perlu kami persiapkan disamping menyiapkan tenaga - tenaga. Kami sudah sangat siap, kami punya 100 lebih bed untuk pasien Covid yang butuh perawatan. Jadi kami sudah sangat siap," ujarnya. 

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.