Jadwal Buka Puasa dan Waktu Sholat di Pangkalpinang, Sungailiat dan Tanjungpandan Hari 16 Ramadan

Muri Setiawan
Jadwal Buka Puasa dan Waktu Sholat di Pangkalpinang, Sungailiat dan Tanjungpandan Hari 16 Ramadan

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Jadwal imsakiyah ini berlaku untuk wilayah Kota Pangkalpinang, Sungailiat, dan Tanjungpandan Belitung, termasuk untuk jadwal sholat pada hari ke-15 Ramadhan 1443 hijriyah. 

Jadwal imsakiyah dan jadwal sholat, bersumber dari Kementerian Agama Republik Indonesia. 

 

Sahur saat azan Subuh berkumandang, sah atau tidak?

Sesuai dengan firman Allah SWT dalam Al-Qur’an, “Dan makan dan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai datang malam,” (QS. Al-Baqarah: 187).

Lalu, bagaimana jika seseorang yang hendak berpuasa di hari itu masih mengonsumsi makanan atau minuman saat azan subuh berkumandang?

Syekh Sirojudin Al-Bulqini dalam kitab At-Tadrib juz 1 halaman 343 menuturkan, “yang ketujuh (dari hal-hal yang perlu diperhatikan) adalah menahan diri secara menyeluruh dari apa-apa (yang membatalkan puasa) yang telah disebut sepanjang hari dari terbitnya fajar hingga tenggelamnya matahari.”

Ustaz Adi Hidayat, seorang ulama di Indonesia turut mempertegas waktu sahur dengan mengatakan, “Tidak ada yang dimakan, tidak ada yang diminum karena puasa di situ waktunya sudah harus dimulai.”

Maka bisa disimpulkan bahwa mengonsumsi makanan saat azan Subuh berkumandang dapat membatalkan puasa. Anda bahkan harus memuntahkan kembali makanan atau minuman yang Anda konsumsi apabila azan subuh telah berkumandang sesuai dengan perkataan Ustaz Abdul Somad dalam kanal YouTube ‘Mentari Senja TV’ (3/5/2020).

“Tapi kalau sudah adzan berkumandang, ada makanan dimuntahkan karena kalau sampai dia telan waktu adzan kena adzan sudah masuk waktu terlarang,” ucapnya.

Dengan demikian, Anda dianjurkan untuk melaksanakan santap sahur sebelum imsak untuk menghindari konsumsi makanan atau minuman saat azan subuh berkumdang.

Imam Al-Mawardi dalam kitab Al-Iqnaa’ menuturkan, “waktu berpuasa adalah dari terbitnya fajar kedua sampai tenggelamnya matahari. Akan tetapi (akan lebih baik bila) orang yang berpuasa melakukan imsak (menghentikan makan dan minum) sedikit lebih awal sebelum terbitnya fajar dan menunda berbuka sejenak setelah tenggelamnya matahari agar ia menyempurnakan imsak (menahan diri dari yang membatalkan puasa) di antara keduanya.”


Berikut jadwal imsakiyah untuk wilayah Kota Pangkalpinang, Sungailiat-Bangka dan Tanjungpandan-Belitung untuk tanggal 18 April 2022 (16 Ramadhan 1433 Hijriyah). 

Jadwal ini menjadi panduan dan untuk masyarakat di wilayah sekitarnya dapat menyesuaikan diri. 

KOTA PANGKALPINANG dan Sekitarnya
Imsak : 04.27 WIB 
Subuh : 04.37 WIB 
Dzuhur : 11.57 WIB 
Ashar : 15.15 WIB 
Maghrib : 17.59 WIB 
Isya : 19.09 WIB 

SUNGAILIAT - BANGKA 
Imsak : 04:27 
Subuh : 04:37 
Dzuhur : 11:57 
Ashar : 15:15 
Maghrib : 17:59 
Isya : 19:09 

TANJUNGPANDAN - BELITUNG
Imsak : 04:22 
Subuh : 04:32 
Dzuhur : 11:46 
Ashar : 15:10
Maghrib : 17:53 
Isya : 19:03 

Jadwal imsak Kota Pangkalpinang dan 2 wilayah lainnya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini, bisa dijadikan patokan untuk warga luar Babel yang sedang berada di Bangka Belitung di bulan Ramadhan sehingga bisa menyesuaikan diri.

Demikian, semoga bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa.
 

Editor : Muri Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network