Tambang di Batu Hitam dan Rumpak Terus Menggila, Nelayan dan Mahasiswa Ancam Demo ke Mapolda Babel

Muri Setiawan
Aksi nelayan dan mahasiswa beberapa waktu lalu mendesak aparat berwajib menertibkan tambang timah ilegal di perairan Mengkubung Belinyu. Foto: Istimewa.

Sebelumnya pada tanggal 12 Desember 2023 aksi demonstrasi dari sekelompok nelayan dan elemen mahasiswa yang turun langsung melakukan protes ke Mapolda Bangka Belitung, namun belum membuahkan hasil yang diharapkan. Bahkan APH dinilai terkesan pasif dan mengabaikan keluhan nelayan.

"Kami kecewa dengan Polda Babel yang justru tidak menunjukkan ketegasan, bahkan terkesan mendiamkan persoalan ini," kata Eko.

Penangkapan salah satu kolektor bijih timah yang diduga bersumber dari aktivitas ilegal mining di wilayah tersebut dan terjadinya aksi penikaman sesama kelompok penambang seolah tidak cukup bagi Polda Babel untuk melakukan penindakan secara tegas.

Nelayan dan beberapa pimpinan organisasi mahasiswa beberapa waktu terakhir sudah melakukan konsolidasi, dan menghasilkan kesepakatan untuk segera melakukan aksi demonstrasi di Mapolda Babel dalam waktu dekat apabila tidak ada langkah tegas dari Polda Babel. 

"Beberapa hari lalu kami (nelayan) sudah melakukan pertemuan dengan mahasiswa, dan salah satu hasil pertemuannya akan melakukan aksi," ujarnya. 

Editor : Muri Setiawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network