7 Penemuan yang Menggemparkan Dunia, dari Makam Firaun sampai Timbunan Emas Terbesar

Rizki Darmawan/ Net SindoNews.com
Membongkar misteri kutukan mumi Mesir kuno dan kematian misterius Firaun Tut. Foto: Okezone

JAKARTA, Lintasbabel.iNews.id - Tujuh penemuan yang menggemparkan dunia, akan menjadi pembahasan kita kali ini. Seperti diketahui sejumlah ahli arkeolog terus berupaya memecahkan misteri melalui penelitian, hingga mencoba memecahkan peristiwa pada suatu beradaban dengan penemuan-penemuan.

Dari banyaknya penemuan para arkeolog, terdapat beberapa yang sampai saat ini masih menyimpan tanda tanya besar, bahkan tak sedikit juga yang sempat membuat heboh dunia. 

Berikut tujuh penemuan yang menggemparkan dunia seperti dilansir dari thecompleteuniversityguide.co.uk : 

1. Makam Tutankhamun

Howard Carter dan George Herbert pada tahun 1922 menemukan makam firaun Mesir Tutankhamun. Temuan ini lantas memberikan kontribusi yang besar dalam dunia arkeologi pada masa itu. Makam tersebut diketahui berisikan lebih dari 2.000 barang antik. 

Tutankhamun sendiri menjadi firaun sejak usia delapan atau sembilan tahun dan meninggal satu dekade kemudian, yang kemungkinan disebabkan oleh penyakit malaria yang parah. 

 

2. Gua Altamira 

Salah satu hal menarik di gua yang terletak di Spanyol ini adalah terdapatnya lukisan bison dan simbol simbol cetakan tangan. Para ahli berpendapat bahwa gua tersebut dijadikan tempat penyampaian informasi pada masa prasejarah. 

Lukisan ini ditemukan di tahun 1880, artefak tersebut diperkirakan berasal dari antara 14.000 dan 20.000 tahun yang lalu.

3. Makam Richard III

Sebelumnya jasad Richard III ini sempat dikabarkan menghilang dan tidak diketahui keberadaannya. Makam ini ditemukan oleh arkeolog Richard Buckley, dari Universitas Leicester. Lokasi ditemukannya pun cukup unik yakni di terkubur di bawah tempat parkir di kota Leicester. 

Setelah dilakukan tes DNA, tim dari Universitas Leicester mengkonfirmasi bahwa jasad tersebut adalah Richard III.

 

4. Gulungan di Laut Mati

Penemuan menggemparkan selanjutnya datang dari 11 gua yang berada dekat dari Laut Mati. Gulungan ini merupakan kumpulan dari 800 manuskrip, dokumen ini dipercaya sebagai Alkitab Ibrani tertua yang ditemukan. Gulungan tersebut diperkirakan dibuat pada tahun 700 M.

Penemuan ini telah memberikan wawasan yang besar bagi para penerjemah Alkitab.

5. Moai 

Arkeolog mencatat terdapat 887 patung besar atau Moai di Pulau Easter, sebuah pulau yang berada di Samudera Pasifik. Patung tersebut merupakan hasil karya mengesankan dari orang-orang Rapa Nui yang berasal antara tahun 1250 dan 1500. 

Penemuan ini sempat menggemparkan para arkeolog dan membuat satu pertanyaan besar. Bagaimana orang orang pada masa tersebut dapat menggerakkan batu besar ? Padahal di tahun tersebut belum ada teknologi yang mampu untuk menggerakkan batu besar. 

 

6. Patung Tentara Terakota 

Patung pasukan Terakota merupakan penemuan arkeologi paling fenomenal bagi sejarah China. Ribuan patung Terakota dibuat sekitar 2.200 tahun lalu untuk melindungi Kaisar Qin Shi Huang setelah kematiannya.

Pasukan Terakota juga kerap dijuluki tentara penjaga bagi kehidupan akhirat sang kaisar. 

Terdapat sekitar 8000 patung tentara, 500 lebih patung kuda, dan 130 kereta kuda, di kompleks makam Kaisar Qin Shi Huang. 

7. Timbunan Staffordshire 

Timbunan Staffordshire merupakan timbunan emas dan perak terbesar yang pernah ditemukan. Pada 2009, Terry Herbert menemukan timbunan harta karun ini menggunakan alat deteksi logam di tanah pertanian milik Fred Johnson di Staffordshire. 

Penemuan ini terdiri dari 3.000 lebih benda yang kebanyakan piranti perang. Jumlahnya diperkirakan bernilai lebih dari 3 juta poundsterling. Benda-benda tersebut diperkirakan berasal dari abad ke – 7 atau abad ke – 8. 

 

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada oleh dengan judul " 7 Penemuan Menggemparkan di Dunia yang Mengejutkan saat Ditemukan "

 

Editor : Muri Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network