Siapa Pemilik Xiaomi, Produsen Smartphone Paling Digemari Warga +62

Ratih Ika Wijayanti/Net IDX Channel
Adalah Lei Jun, nama pemilik Xiaomi. Tak main-main, total harta kekayaan Lei Jun mencapai USD10,2 miliar atau sekitar Rp148,38 triliun. Berikut ini kisah sukses pendiri Xiaomi. Foto: net.

Bersama keenam rekannya tersebut, Lei Jun berhasil membuat Xiaomi mendapatkan pendanaan dari sejumlah perusahaan seperti IDG Capital, Prosesor Qualcomm, Qiming, hingga Temasek Holdings milik Singapura. 

Lei Jun merupakan lulusan Sarjana Ilmu Komputer Universitas Wuhan. Ia berhasil menamatkan pendidikannya tersebut pada tahun 1991. Sebelum mendirikan perusahaan produsen ponsel pintar Xiaomi, Lei Jun sempat bekerja di perusahaan software bernama Kingsoft.

Di perusahaan tersebut, Lei Jun bekerja sebagai seorang engineer. Berkat kemampuan dan kepintarannya, Lei Jun pun berhasil menduduki posisi strategis di perusahaan ini di tahun 1998. Sayangnya, Lei Jun memutuskan mengundurkan diri dari perusahaan ini pada 2007 karena alasan kesehatan. 

Tiga tahun setelah keluar dari Kingsoft, Lei Jun berkolaborasi bersama rekan-rekannya mendirikan perusahaan teknologinya sendiri yakni Xiaomi Inc. Produk pertama yang diluncurkan Xiaomi adalah Skin MIUI untuk Android, lalu disusul ponsel Xiaomi Mi 1 pada tahun 2011. Ponsel pintar tersebut dibandrol dengan harga sebesar CNY1.999 atau sekitar Rp2,76 juta untuk kurs pada saat itu (Rp1.382,59 per CNY). 

Editor : Muri Setiawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network