Jomblo Mari Merapat, 7 Kota Ini Banyak Janda Cantik Berusia Muda

Haryanto, MNC Portal
Jomblo Mari Merapat, 7 Kota Ini Banyak Janda Cantik Berusia Muda. Foto : Shutterstock.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Para jomblo mari merapat. Tujuh kota di Indonesia ini terdapat banyak janda cantik berusia muda. 

Sangat pas nih bagi Anda yang ingin serius membina biduk rumah tangga, apalagi janda sangat berpengalaman dan pastinya tidak ingin pernikahannya kembali berujung perceraian. 

Iya, mereka yang menyandang status janda di tujuh kota ini, dikarenakan kasus perceraian yang didominiasi oleh pasangan muda alias pasmud dikisaran usia di bawah 30 tahun.

Pernikahan memang indah, namun tak dipungkiri jika ada saja prahara yang kerap menerpa sehingga jalan keluar perceraian terpaksa dilakukan. 

Keretakan harmonisasi rumah tangga bisa terganggu oleh berbagai faktor, semisal kasus perselingkuhan ataupun kesulitan ekonomi. Tak heran jika angka perceraian maupun eksistensi janda di Indonesia cukup tinggi.

Maraknya kasus perceraian tentu saja memicu banyaknya wanita menyandang status janda muda. Daripada penasaran, berikut daftar kota di Indonesia dengan jumlah janda cantik terbanyak sebagaimana dihimpun MNC Portal dari berbagai sumber.

1. Garut, Jawa Barat

Pengadilan Agama di Garut, Jawa Barat menerima sekira 5.700 kasus perceraian di tahun 2021 atau meningkat 5 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya. 

Beberapa penyebab diantaranya ada faktor ekonomi, pendidikan rendah, dan juga masalah komunikasi.

2. Lamongan Jawa Timur

Pada rentang waktu Januari hingga Juni 2021 saja, Lamongan, Jawa Timur terdapat 1.587 pengajuan perceraian. Kasus gugatan cerai oleh istri jauh lebih banyak ketimbang cerai talak oleh suami.

3. Majalengka, Jawa Barat

Di Majalengka, Jawa Barat kasus perceraian mayoritas dilakukan pasangan suami istri berusia 30 tahun ke bawah. Pengadilan Agama Kelas 1A Majalengka mencatat ada sebanyak lebih dari 3.000 pasangan suami istri yang resmi bercerai. 

Tak bisa dipungkiri faktor ekonomi paling menjadi pemicunya. 

4. Serang, Banten

Kota di Indonesia pertama dengan jumlah janda terbanyak adalah Serang, Banten. Kasus perceraian di Serang begitu tinggi di sepanjang 2020. Ada lebih dari 3.000 wanita yang menyandang status janda di tahun tersebut berdasarkan data Pengadilan Agama Serang. Adapun perceraian didominasi pasangan usia 30 hingga 35 tahun.

5. Banyuwangi Jawa Timur

Dalam jangka waktu beberapa bulan di 2021, Pengadilan Agama (PA) Banyuwangi, Jawa Timur mencatat ada ribuan kasus perceraian yakni sebanyak 4.027 perkara. Setiap bulannya, PA Banyuwangi menerima ratusan kasus yang didominasi cerai gugat.

6. Brebes, Jawa Tengah

Sebelum menginjak 2022, tercatat ada ribuan kasus perceraian di Brebes. Data Pengadilan Agama Brebes mencatat ada 4.358 wanita yang berstatus janda baru. Kasus perceraian ini merupakan akumulasi sejak Januari hingga November 2021.

7. Tegal, Jawa Tengah

Tegal, Jawa Tengah juga termasuk dalam salah satu perceraian yang cukup tinggi. Pada 2020 terdapat 3.593 kasus perceraian yang terbagi antara cerai talak mencapai 815 dan cerai gugat 2.778.

 

Artikel ini telah diterbitkan di halaman Okezone dengan judul " Inilah 7 Kota dengan Jumlah Janda Cantik Terbanyak, Ada Daerah Asalmu? "

Editor : Haryanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network