get app
inews
Aa Read Next : Jual Minol Tanpa Izin, Kafe Resto di Belitung Timur Dirazia : 16 Pekerja Belum Lengkapi Adminduk

Program P3-TGAI Buat Irigasi Lebih Efektif

Kamis, 02 Juni 2022 | 21:13 WIB
header img
Peletakan pondasi pertama proyek irigasi di Gantung Kabupaten Belitung Timur. (Foto: istimewa)

BELITUNG TIMUR, lintasbabel.id – Bupati Belitung Timur (Beltim) Burhanudin dan Wakil Bupati Beltim Khairil Anwal meletakkan batu pondasi proyek pembangunan saluran irigasi Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) di Persawahan Danau Nujau Desa Gantung Kecamatan Gantung, Kamis (2/6/2022). Program kegiatan yang dibiayai oleh Pemerintah Pusat dengan nilai Rp195 juta per lokasi ini akan membantu mengefektifkan irigasi sawah petani. 

Program Perceparan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) merupakan program rehabilitasi, peningkatan, atau pembangunan jaringan Irigasi pada jaringan tersier baik pada Daerah Irigasi Kewenangan Pusat, Provinsi, Kabupaten dan Desa yang dilaksanakan berbasis peran serta masyarakat petani yang dilaksanakan sendiri oleh Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A), Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) atau Induk Perkumpulan Petani Pemakai Air (IP3A) secara swakelola padat karya. 

“Jadi Program ini bukan kontraktual, tapi swakelola dengan sistem pengerjaan padat karya oleh masyarakat. Diusulkan, direncanakan sendiri dari masyarakat, dikerjakan, pembelajaan material juga dilakukan sendiri masyarakat dan pengawasan oleh masyarakat itu sendiri dan Kita menyiapkan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)” kata Kepala Balai Wilayah Sungai Bangka Belitung Panca Hermawan. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut