get app
inews
Aa Read Next : Perwira Polri Sukses Naik Podium dan Torehkan Prestasi di Ajang Road Race Babel 2023

Jangan Asal Pilih, Ini 3 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Ban Motor Baru

Sabtu, 02 Oktober 2021 | 15:37 WIB
header img
Ilustrasi Ban Sepeda Motor Baru.

BAN sepeda motor Anda sudah terlihat "botak", atau terasa bergelombang saat dikendarai. Itu pertanda, bahwa sudah saatnya Anda mengganti ban dengan yang baru.

Saat mengganti ban sepeda motor, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, agar sesuai dan mendukung performa kendaraan. Pemilihan ban bisa berdampak pada sistem pengendalian, manuver dan kenyamanan dalam berkendara.

Saat membeli ban baru, Anda harus memilih dan menyesuaikan dengan dimensi, model, serta gaya motor Anda.

Dilansir dari laman resmi Astra Honda, Sabtu (2/10/2021), berikut tips membeli ban baru :

1. Perhatikan kode ban

Setiap ban pasti memiliki kode tersendiri. Misalkan terjadi pada ban dengan kode 180 / 50 R – 17 M / TL. Angka 180 dapat diartikan sebagai lebar tapak ban 180 mm. Sedangkan pada angka 50 memiliki arti ketebalan sisi ban yang di ukur dari lepar tapak ban tersebut.

Untuk huruf R berarti ‘Radial. Angka 17 yang disertai huruf M menandakan batas dan kemampuan ban dalam berakselerasi kecepatan maksimum yang boleh di tempuh.

Dalam kode ini batas kecepatan maksimumnya adalah 130 km/jam. Huruf TL menunjukkan bahwa ban tersebut berjenis ban tubles.

2. Perhatikan kode produksi

Tidak hanya mengenai kode spesifikasi, lebar dan ketebalan ban. Anda juga perlu memperhatikan tahun produksi pembuatan ban. Sebaiknya pilihlah ban dengan kode produksi saat ini yang akan Anda beli.

Memang terlihat lebih mahal ketimbang ban lainnya yang terdapat promo. Namun biasanya ban promo didapati kode produksi lawas. Misal Anda dapat menemukan kode kombinasi 4 angka.

Sebagai contoh tertulis angka 2321 pada ban. Angka ini mengisyaratkan periode pembuatan ban tersebut. Kombinasi angka 2321 berarti ban tersebut dibuat pada minggu ke 23 pada tahun 2021.

3. Perhatikan jenis-jenis ban

Ban sendiri juga terbagi dalam 4 jenis, diantaranya touring, daily, extrem dan competition. Gunakanlah ban sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Jika memilih ban awet untuk keperluan sehari-hari gunakan ban keras dan tebal, untuk keperluan touring gunakan ban yang nyaman dan memiliki grip yang bagus pada aspal, untuk keperluan offroad gunakan ban MT atau sejenis ban tahu.

Bila motor Anda digunakan untuk balapan maka gunakan ban semi slick dengan material super soft compound yang lengket dan baik untuk aspal.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut