get app
inews
Aa Read Next : Fenomena Suara Sama di Pileg Kota Pangkalpinang, Akademisi UBB: Diatur di PKPU Nomor 6 Tahun 2024

Memunculkan Regulasi Baru Terhadap Eksistensi Sepeda Listrik, Tidak dengan Regulasi Sepeda?

Jum'at, 03 Maret 2023 | 22:02 WIB
header img
Apakah di Indonesia sudah ada regulasi atau undang undang yang jelas dalam mengatur regulasi tentang sepeda listrik. Foto: Ilustrasi sepeda listrik/ net.

PENGGUNAAN alat transportasi sepeda listrik sekarang ini sudah mulai berkembang di Indonesia. Sepeda listrik merupakan rangkaian sepeda yang telah dikombinasikan dengan motor yang memiliki tenaga penggerak berupa baterai yang dapat di-charge. Adanya sepeda listrik memungkinkan pesepeda tidak akan kelelahan lagi dalam mengayuh, sehingga dapat digunakan oleh siapapun bahkan oleh para manula. Tetapi, apakah di Indonesia sudah ada regulasi atau undang undang yang jelas dalam mengatur regulasi tentang sepeda listrik.

Bagaimana regulasi sepeda listrik di Indonesia?

Menurut UNDANG UNDANG REPUBLIK INDONESIA NO 29 TAHUN 2009 TENTANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN. Sepeda motor adalah kendaraan bermotor beroda dua dengan atau tanpa rumah - rumah dan dengan atau tanpa kereta samping atau kendaraan bermotor beroda tiga tanpa rumah - rumah. Sedangkan kendaraan bermotor adalah setiap kendaraan yang digerakkan oleh peralatan mekanik berupa mesin selain kendaraan yang berjalan di atas rel.

Jadi, jika kita melihat dari definisi di atas, maka sepeda listrik termasuk salah satu sepeda motor yang penggunaannya memiliki standarisasi seperti sepeda motor pada umumnya.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut