get app
inews
Aa Read Next : Partai Gerinda Buka Pendaftaran Bakal Calon Bupati Bangka Barat 2024

Suplai Sapi dari Luar Daerah Tak Bisa Masuk, Bangka Barat Terancam Kekurangan Stok

Sabtu, 28 Mei 2022 | 12:51 WIB
header img
Hewan Sapi yang ada di salah satu peternakan di Bangka Barat. (Foto: lintasbabel.id / Rizki Ramadhani)

BANGKA BARAT, lintasbabel.id -  Ketersediaan daging sapi menjelang perayaan Idul Adha 1443H di Bangka Barat (Babar) terancam akan mengalami kekurangan stok. Hal ini disebabkan oleh merebaknya kasus Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) yang menyerang hewan ternak sapi. 

Menurut Kabid Peternakan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Babar, Agung Ari Wibowo, kebutuhan sapi di Babar saat Idul Adha berkisar 500-600 ekor. 

"Kalau stok Idul Adha, untuk saat ini ada potensi kita akan masih kurang untuk sampai hari ini. U ntuk menjelang Idul Adha kebutuhan sapi yang dibutuhkan Bangka Belitung sebanyak 4 ribu ekor, sedangkan untuk Babar sekitar 500 sampai 600 ekor," ujar Agung Ari Wibowo, Sabtu (28/5/2022). 

Namun, kata Ari jika dalam waktu dekat sapi dari luar daerah selesai dikarantina dan sudah dapat masuk, maka kebutuhan sapi di Bangka Barat bakal terpenuhi. 

"Kalau memang bisa masuk insyaallah bisa tercukupi, Kalau sapi menjelang idul adha itu kalau kebutuhan itu sekitar 500 hingga 600 ekor karena untuk se-Babel ini kurang lebih 4 ribu ekor, kita ini kan masih ada ketersedian baru 2 ribu se-Babel. Jadi kurang setengahnya dari situ kita dapat gambaran bahwa kita termasuk Bangka Barat ini masih kekurangan," tuturnya. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut