Logo Network
Network

Adet Mastur : Pemulihan Ekonomi, Giatkan Pengembangan Usaha Koperasi 

Muri Setiawan
.
Rabu, 29 September 2021 | 10:09 WIB
Adet Mastur : Pemulihan Ekonomi, Giatkan Pengembangan Usaha Koperasi 
Adet Mastur, saat menjadi narasumber pada Kegiatan Temu Usaha Koperasi, di Hotel Soll Marina, Pangkalan Baru Kabupaten Bangka Tengah, Senin (27/09/2021).

BANGKA TENGAH, lintasbabel.id - Arah kebijakan pembangunan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dalam satu tahun kedepan akan difokuskan pada pemulihan perekonomian, salah satunya dengan mendorong kemitraan antara koperasi dengan pelaku usaha. Hal ini mengingat belum berakhirnya Pandemi covid-19, yang melanda Tanah Air.

Ketua komisi II DPRD Babel, Adet Mastur, SH. MH, menjelaskan, DPRD mempunyai  tiga fungsi, yakni fungsi Anggaran, Legislasi berkaitan dengan pembentukan peraturan daerah, dan fungsi Pengawasan atau kontroling. 

"Pemulihan ekonomi, jika berbicara anggaran, pemulihan ekonomi banyak sektor yang harus kami giatkan, terkhususnya pengembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Babel, yang harus kami berikan kebijakan-kebijakan di dalam pembahasan anggaran," kata Adet Mastur, saat menjadi narasumber pada Kegiatan Temu Usaha Koperasi, di Hotel Soll Marina, Pangkalan Baru Kabupaten Bangka Tengah, Senin (27/09/2021).

Lebih jauh Adet menjelaskan, soal regulasi yakni Legislasi berkaitan dengan pembentukan peraturan daerah, terkait dengan perekonomian, di Bangka Belitung telah memiliki Perda No. 9 Tahun 2018 Tentang Pengembangan Ekonomi Kreatif. 

"Perda tersebut, ada jaminan untuk para pelaku usaha, Untuk mempermudah berinvestasi di Bangka Belitung,  baik investasi besar maupun investasi kecil, jadi akan dipermudah untuk investasi yang ingin masuk ke Babel, Khususnya pengembangan UMKM yang mesti harus kita galakkan," kata legislator fraksi PDIP itu.

Selain itu, kata Adet, DPRD juga akan menjalankan fungsi yang ketiga yaitu pengawasan atau kontrol terhadap koperasi yang ada di Bangka Belitung. sebagai upaya untuk memverifikasi koperasi yang dikategorikan sehat, koperasi yang sedang sakit dan koperasi yang akan di sehatkan, sebab menurutnya, masih banyaknya koperasi yang ada di Bangka Belitung terkesan sakit. 

"Karena di suasana pandemi ini, untuk menumbuh kembangkan ekonomi di Babel lewat wadah koperasi inilah. Salah satu wadah yang akan meningkatkan ekonomi. Karena di koperasi inilah pusat dari ekonomi level bawah, karena akan mengakomodir pelaku usaha untuk tergabung dalam koperasi," tuturnya.

Untuk itu, ia mengingatkan, bahwa di tahun 2022 mendatang, akan ada verifikasi terhadap koperasi di Bangka Belitung. Adet berharap, agar Dinas Koperasi dan UKM (KUKM) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat menyampaikan data koperasi yang ada di Bangka Belitung. 

"Karena jangan sampai koperasi di Babel tumbuh apabila adanya bantuan-bantuan. Saya menyebutkan ini adalah Koperasi Merpati, kenapa koperasi merpati,  karena burung merpati itu jika ada makanan jagung, burung merpati pasti datang. Tetapi, jika tidak ada jagung tidak tahu arahnya kemana," katanya.

Kegiatan Pemberdayaan dan Perlindungan Koperasi, keanggotaannya Lintas Daerah kabupaten/kota dalam satu daerah Provinsi, dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM (KUKM) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yulizar Adnan. 

Kegiatan yang diikuti sebanyak 64 peserta ini, menghadirkan narasumber antara lain, Ketua komisi II DPRD Babel Adet Mastur, Kepala BI Perwakilan Provinsi Kepulauan Babel dan Direktur PT. Jamkrida Babel. 
 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News

Bagikan Artikel Ini