get app
inews
Aa Read Next : Jual Minol Tanpa Izin, Kafe Resto di Belitung Timur Dirazia : 16 Pekerja Belum Lengkapi Adminduk

Demo Bawa Truk Berisi TBS, Ratusan Petani Sawit Beltim Desak Jokowi Cabut Larangan Ekspor CPO

Selasa, 17 Mei 2022 | 14:16 WIB
header img
Ratusan petani sawit di Kabupaten Belitung Timur (Beltim) menggelar aksi unjuk rasa di depan halaman Kantor Bupati Beltim, Selasa (17/5/2022). (Foto: lintasbabel.id/ Suharli)

BELITUNG TIMUR, lintasbabel.id -  Ratusan petani sawit di Kabupaten Belitung Timur (Beltim) menggelar aksi unjuk rasa di depan halaman Kantor Bupati Beltim, Selasa (17/5/2022). Mereka mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencabut kebijakan larangan ekspor CPO dan turunan bahan bakunya, lantaran imbas dari kebijakan ini Tandan Buah Segar (TBS) petani tidak laku terjual dan membusuk.

Bentangan spanduk berupa tulisan tuntutan, dibawa para pengunjuk rasa dan dibentangkan di depan para pejabat daerah. Tak hanya itu, tiga unit truk berisikan buah sawit yang tidak laku terjual, juga dibawa mereka di halaman Kantor Bupati. 

Koordinator lapangan aksi dari DPD Asosiasi Petani Sawit Indonesia (APKASINDO) Beltim, Dwi Nanda Putra saat berorasi menyampaikan keluhan yang dialami petani sawit selama tiga minggu terakhir. 

Mereka terpaksa membiarkan TBS sawit miliknya membusuk, karena perusahaan-perusahaan yang beroperasi di wilayah Beltim, tidak mampu lagi menampung hasil panen para petani. 

"Kami tahu kebijakan ada di pemeritah pusat, namun kami rasa rel (cara) agar aspirasi kami sampai ke RI 1 (Presiden), melalui Pemeritah Kabupaten Belitung Timur dalam hal ini Pak Bupati," ucap Nanda Putra. 


Ratusan petani sawit di Kabupaten Belitung Timur (Beltim) menggelar aksi unjuk rasa di depan halaman Kantor Bupati Beltim, Selasa (17/5/2022). (Foto: lintasbabel.id/ Suharli)

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut