get app
inews
Aa Text
Read Next : Menanti Janji Gubernur dan Bupati Baru

Antrean Panjang di Bandara Depati Amir, ini Penjelasan EGM PT Angkasa Pura II

Minggu, 15 Mei 2022 | 13:06 WIB
header img
Antrean kendaraan saat mau keluar pintu Bandara Depati Amir Pangkalpinang. (Foto: irwan Setiawan)

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Pengguna kendaraan roda empat memgeluhkan antrean panjang di pintu keluar Bandara Depati Amir Kota Pangkalpinang,  akibat pemberlakukan pembayaran nontunai atau cashless,  Minggu (15/5/2022). 

"Kebetulan hari ini ada 42 penerbangan dan ada umroh, jadi banyak pengantar juga serta ada 5 flight landing berbarengan," kata Executive General Manager PT Angkasa Pura II (Persero) Bandara Depati Amir Pangkalpinang, Muhammad Adiwiyanto, Minggu (15/5/2022). 

Ia menambahkan bahwa per 1 April memang sudah ada perubahan sistem pembayaran parkir dari konvensional ke pembayaran non tunai  di Bandara Depati Amir Kota Pangkalpinang. 

"Bahwa kita per 1 April kemarin memang kita sudah ada perubahan sistem pembayaran di parkir jadi antrean itu  di pintu keluar parkir saja," jelasnya. 

Menurutnya, pihak Angkasa Pura II Bandara Depati Amir sudah lama  menyosialisasikan pembayaran tersebut kepada masyarakat baik di media elektronik  maupun media cetak. 

"Kami juga sangat mengaharapkan, untuk masyarakat agar support  dengan perubahan seperti ini, dan kita sudah sosialisasi dan perubahan itu dari peembayaran konvensional ke cashless dan saya rasa semunya sudah tau dan sudah kita sosialisasikan," tuturnya. 

Untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan antrean roda empat pihaknya sudah mempersiapkan petugas untuk menjemput bola kepada kendaraan yang mengalami antrean

"Untuk antisipasi antrean panjang kita sudah persiapkan petugas untuk menyemput bola kepada pengguna jasa, yang di antrean tersebut, dan berharap masyarakat mempersiapkan  kartu pembayaran secara elektronik sebelum masuk bandara," ujarnya. 

Ia juga mengungkapkan bahwa saat ini petugas juga sudah memberlakukan contra flow untuk mempercepat arus keluar mobil. 

"Salah satu mitigasi kita dengan contra flow,  jalur masuk kita buat jalur keluar jadi gate masuk kita buat gate keluar jadi gate masuk 1 gate keluar 3," tuturnya. 

Selan itu juga masyarakat mengeluhkan bahwa menunggu antrean hingga mencapai 2 jam di area bandara. 

"Mau keluar bandara kok lama sekali ini sudah hampir 2 jam menunggu, tapi belum juga bisa keluar pintu parkir bandara," jelas Agus kepada wartawan. 

Ia mengatakan kebijakan penggunaan pembayaran nontunai atau cashless itu saat ini belum memberikan dampak kepada masyarakat. 

"Sudah ngalahin bandara besar saja, di Jakarta dan Palembang tidak seperti ini. Ini kebijakan menggunakan kartu parkir bukannya bikin senang malah menyusahkan pengendara," jelas Agus sambik memasang wajah kesal. 

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut