get app
inews
Aa Read Next : Kakek di Bangka Ditangkap Polisi, Diduga Cabuli Gadis 17 Tahun

Siswa SMAN 1 Pemali Antusias Mengikuti Ombudsman Goes To School

Kamis, 14 April 2022 | 11:37 WIB
header img
Ombudsman Goes to School di SMA Negeri 1 Pemali. (Foto : ist)

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Ombudsman RI Perwakilan Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan program kegiatan Ombudsman Goes to School di SMA Negeri 1 Pemali. Kegiatan disambut langsung oleh Kepala Sekolah dan Guru SMAN 1 Pemali, beserta para siswa, Kamis (13/4/ 2022) di pendopo pertemuan.

Dalam sambutannya Kepala Sekolah SMAN 1 Pemali Sunandar berharap kedatangan Ombudsman Goes to School, dapat menambah wawasan dan pengetahuan siswa tentang pelayanan publik sekaligus mengenal lebih jauh tentang Ombudsman sebagai lembaga negara.

Ombudsman Goes to School merupakan salah satu inovasi menyebarluaskan informasi, dalam rangka menumbuhkan kesadaran tentang bahaya maladministrasi dan pentingnya pengawasan penyelenggaraan pelayanan publik sejak dini,  terutama bagi kalangan milenial.

Kepala Perwakilan Ombudsman Babel, Shulby Yozar Ariadhy, dalam kegiatan ini memperkenalkan tentang tugas Ombudsman RI dalam menerima dan menangani laporan masyarakat. 

Pada dasarnya Ombudsman lebih mengedepankan pendekatan persuasif dan perbaikan sistematik dalam menangani masalah penyimpangan pelayanan publik. Hal ini yang menjadi perbedaan Ombudsman dengan lembaga negara lainnya yang menekankan pendekatan pemberian sanksi hukum. 

"Selain dari itu, para siswa juga diperkenalkan tentang sejarah dan perkembangan Ombudsman di dunia dan Indonesia, persoalan pelayanan publik yang menjadi perhatian masyarakat luas akhir-akhir ini," kata Shulby Yozar Ariadhy.

Dia menjelaskan bentuk-bentuk maladministrasi dalam pelayanan publik secara detail, karena maladministrasi adalah benih-benih terjadinya korupsi, dan juga mengedukasi para siswa cara menyampaikan keluhan pelayanan publik pada layanan konsultasi dan laporan masyarakat.

Editor : Haryanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut