get app
inews
Aa Read Next : KKB Papua Kembali Disebut OPM

Berkonspirasi dengan KKB, Camat Yahukimo Papua Ditangkap Polisi

Rabu, 01 September 2021 | 14:00 WIB
header img
Ilustrasi KKB.

JAYAPURA, lintasbabel.id - Satgas Nemangkawi menangkap Etius Baye, yang merupakan Camat atau kepala Distrik Yahukimo Papua. Etius diduga terlibat atau berkonspirasi dan menjadi penyalur dana ke teroris Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.

Direskrimum Polda Papua, Kombes Faisal Ramadhani menyebutkan, penangkapan dilakukan pada hari Jumat malam lalu, di rumah Kepala Distrik Wusama Etius Baye, di Distrik Dekai.

“Total ada delapan yang kita amankan dari rumah itu, namun setelah didalami, empat orang kita tahan dan ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan berencana, sisanya kita bebaskan,” ujar Kombes Faisal, Rabu (1/9/2021).

Menurut Faisal, tersangka Etius Baye adalah sosok yang mengundang Tenius Gwijangge untuk bergabung dalam KKB Yahukimo. 

“Jadi semua keperluan KKB di Dekai disiapkan oleh Etius Baye,” kata dia.

Berikutnya, YH yang diduga kuat terlibat pembunuhan empat pekerja bangunan di Kampung Bingky, Distrik Seradala, pada 29 Juni 2021.

Kemudian Y, yang merupakan keponakan dari Etius Baye yang bertugas menyediakan logistik bagi KKB. Lalu EH ditahan karena berperan sebagai sopir kendaraan yang mengangkut KKB Papua. Keempat tersangka saat ini ditahan di Mapolres Yahukimo dan masih akan diperiksa lebih dalam.

“Kami masih terus dalami kasus ini dan memastikan para pelaku pembunuhan di Yahukimo dalam beberapa bulan terakhir,” tutup Faisal.

Dalam waktu dua minggu terakhir, KKB kerap melakukan aksi kriminal bersenjata di wikayah Distrik Dekai. Akibat aksi KKB, selama Agustus 2021 sudah ada tiga korban tewas dan beberapa rumah dibakar.

Satgas Nemangkawi menyebut para pelaku merupakan KKB yang didalamnya diaktori oleh Tenius Gwijangge, Senat Soll dan Temianus Magayang.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut