get app
inews
Aa Read Next : Bertemu Prabowo-Gibran, Presiden Jokowi Titip Pesan Khusus

Presiden Jokowi Kembali Kucurkan Dana Operasional ke Desa Sebesar 3 Persen

Selasa, 29 Maret 2022 | 19:24 WIB
header img
Presiden Jokowi (Foto : Biro Pers Kepresidenan)

JAKARTA, lintasbabel.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan akan mengucurkan dana operasional bagi desa-desa yang ada di Indonesia, senilai tiga persen. Hal tersebut disampaikan Jokowi, saat memberikan sambutan pada acara silahturahmi nasional Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI), Selasa (29/3/2022).

Awal mulanya, Jokowi mengaku akan menambahkan anggaran desa pada tahun 2020 lalu. Namun, karena pandemi Covid-19 melanda hal tersebut pun tidak jadi direalisasikannya.

"Sebetulnya kemarin kalau tidak ada covid di 2020 saya sudah berpikir akan menambah melompatkan anggaran Desa itu lebih gede lagi. Tapi Tuhan belum mengizinkan, karena uang yang dipakai Covid di 2020 sudah Rp690 triliun gede sekali, 2021 Rp740 triliun gede sekali. Sehingga dana seluruh Kementrian juga kita potong kemudian dana untuk desa juga sedikit kita potong, sedikit loh ya, sedikit kita potong, tidak banyak," ujar Jokowi dalam sambutannya.

Jokowi pun berjanji akan mengembalikan dana yang disalurkan untuk desa seperti sebelumnya yakni mencapai Rp468 triliun.

Selain itu, Jokowi pun dibisiki oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat APDESI Surta Wijaya agar pemerintah desa diberi dana tambahan. Dan Jokowi menyepakati akan memberikan dana operasional sekitar 3 persen.

"Pak Surta minta, Pak kalau bisa ya (naik) 4 persen atau 5 persen dari total anggaran, nda, nda, nda. Untuk yang pertama ya saya berikan 3 persen," kata Jokowi.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut