get app
inews
Aa Read Next : Menkeu Bagikan Insentif Rp4 Triliun ke Pemda yang Sukses Kendalikan Inflasi

Manfaat Dana Desa Dipertanyakan DPR, Ini Tanggapan Menkeu Sri Mulyani

Selasa, 23 Agustus 2022 | 14:44 WIB
header img
Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati. (Foto: dok iNews)

JAKARTA, lintasbabel.id - Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPR RI mempertanyakan manfaat Dana Desa yang digelontorkan pemerintah Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, memberi tanggapan atas pertanyaan DPR terkait pengaruh anggaran Dana Desa terhadap kemajuan desa dan pengentasan kemiskinan.

"Dapat kami jelaskan bahwa pemerintah memberikan perhatian terhadap kemajuan dan pengentasan kemiskinan di desa," ujar Sri Mulyani, dalam Rapat Paripurna DPR RI Ke-2 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2022-2023 di Jakarta, Selasa(23/8/2022).

Menurutnya, Dana Desa berdampak signifikan mengurangi jumlah desa yang berstatus sangat tertinggal dan desa tertinggal dalam kurun waktu 4 tahun terakhir. 

Berdasarkan data Indeks Desa Membangun, desa yang berstatus sangat tertinggal pada tahun 2021 sebanyak 5.333 desa, telah turun dibandingkan tahun 2018 yang sebanyak 14.074 desa. Sementara desa tertinggal pada tahun 2021 adalah 15.935 desa, atau turun dibandingkan tahun 2018 yang sebanyak 33.339 desa.

"Penurunan jumlah desa dengan status sangat tertinggal dan desa tertinggal tersebut menjadi salah satu bukti dampak positif adanya dana desa bagi kemajuan desa," kata Sri Mulyani.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut