get app
inews
Aa Read Next : Tim Gabungan Razia Pelabuhan Ikan Mentok, Cari Barang Ilegal

YLKI Maklumi Pertamina Naikkan Harga Pertamax

Kamis, 24 Maret 2022 | 17:12 WIB
header img
Pemberitahuan BBM habis di salah satu SPBU di Kabupaten Bangka Selatan. (Foto: lintasbabel.id/ Wiwin Suseno)

JAKARTA, lintasbabel.id - Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah mengakui bahwa harga jual Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamax di pasaran saat ini sudah terlalu murah, bahkan jauh di bawah harga keekonomian.

Dengan pergerakan harga minyak mentah dunia mencapai lebih dari 100 dollar AS per barel, Kementerian ESDM memperhitungkan bahwa harga keekonomian Pertamax saat ini berada di level Rp14.526 per liter. Sedangkan Pertamina masih menjualnya di kisaran harga Rp9.000 hingga Rp9.400 per liter.

"Ya memang wajar (bila harga Pertamax dinaikkan). Kan pemerintah sendiri sudah mengakui bahwa harga keekonomiannya sudah demikian tinggi, jadi memang perlu penyesuaian. Tinggal kemudian bagaimana penyesuaian itu bisa dilakukan dengan baik dan benar, sehingga bisa diterima dengan baik juga oleh masyarakat," ujar Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi, kepada media, Kamis (24/3/2022).

Menurut Tulus, masyarakat perlu memahami bahwa Pertamax bukan merupakan jenis BBM bersubsidi. Sehingga dengan demikian, sangat wajar bila harga jualnya sepenuhnya mengikuti pergerakan harga pasar. 

"Bahkan kalau kita mau teliti, Pertalite pun itu statusnya bukan BBM Bersubsidi. yang bersubsidi itu BBM jenis Premium. Jadi kalau memang (harga Pertamax dan Pertalite) naik, itu sepenuhnya corporate approach, tidak bisa diintervensi dan harus dimaklumi oleh semua pihak, termasuk juga pemerintah," tutur Tulus.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut