get app
inews
Aa Read Next : 6 Perceraian Miliarder Dunia Paling Tragis, Nomor 1 Orang Terkaya Sejagat

Pendiri PUBG Masuk Jajaran Miliarder Dunia

Jum'at, 13 Agustus 2021 | 14:00 WIB
header img
Chang Byung-gyu, pendiri game online PUBG.

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Pendiri PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG), Chang Byung-gyu kini menjadi miliarder, berkat game online yang dibuatnya itu. Chang Byung-gyu, memiliki perusahaan bernama Krafton, yang berada di Korea Selatan. kekayaan bersih perusahaan ini, kini melonjak tiga kali lipat menjadi USD2,9 miliar (Rp41,7 triliun) saat perusahaannya melakukan debut di pasar saham.

Forbes memperkirakan kekayaan bersih Chang dan istrinya sebesar USD2,9 miliar (Rp41,7 triliun), naik dari USD990 juta sebelum IPO. Chang pertama kali masuk ke daftar 50 Orang Terkaya Korea pada tahun 2019 dengan kekayaan bersih USD890 juta. Dia menjadi miliarder awal tahun ini dan memulai debutnya di daftar Miliarder Dunia pada bulan April.

Krafton telah berhasil mengumpulkan sekitar 4,3 triliun won (Rp54,6 triliun) dalam floatnya, menjadikannya IPO terbesar kedua di Korea setelah pencatatan Samsung Life Insurance senilai 4,9 triliun won pada 2010. Perusahaan mengaku berencana menggunakan sebagian besar hasilnya untuk mengakuisisi pengembang game.

Dilansir dari Forbes di Jakarta, Jumat (13/8/2021) bulan lalu, Krafton telah memangkas harga IPO yang ditargetkan sekitar 10%, setelah regulator keuangan Korea meminta perusahaan untuk merevisi prospektusnya, karena khawat penilaiannya terlalu tinggi. Ditambah dampak larangan peraturan terhadap game online di China yang menjadi pasar utama Krafton, membuat antusiasme investor ikut berkurang.

Meskipun harga sahamnya sempat merosot, kapitalisasi pasar Krafton sebesar 22,2 triliun won (Rp277 triliun), berdasarkan harga saham Selasa kemarin. Nilai ini lebih tinggi daripada pengembang game lain yang terdaftar di Korea. NCSoft, misalnya, memiliki kapitalisasi pasar sebesar 17,9 triliun won, sedangkan Netmarble berada pada 11,6 triliun won.

Chang Byung-gyu yang baru berusia 48 tahun adalah ketua Krafton dan pemegang saham terbesar dengan kepemilikan sekitar 14% saham atas namanya sendiri. Istrinya, Jung Seung-hye, memegang hampir 1% saham di perusahaan tersebut.

Perusahaan yang berbasis di Seongnam, selatan Seoul ini juga telah melaporkan bahwa pendapatan naik 53,6% menjadi 1,67 triliun won (Rp20,1 triliun) pada tahun kalender 2020, sementara laba bersih berlipat ganda menjadi 556,3 miliar won (Rp6,7 triliun).

Hampir semua pendapatannya alias sebesar 96,5% berasal dari seri survival shooter blockbuster PUBG yang pertama kali dirilis pada tahun 2017. Versi seluler PUBG telah diunduh lebih dari 1 miliar kali, menjadikannya aplikasi game yang paling banyak diunduh di lebih dari 150 negara.

Chang merupakan lulusan master dalam ilmu komputer dari Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST). Ia mendirikan Krafton pada 2007. Dan sebelumnya, ia mendirikan serta memimpin startup mesin pencari 1noon pada 2005. Kemudian startup itu dijual olehnya ke perusahaan internet Korea NHN satu tahun setelahnya sebesar USD36,5 juta (Rp524 miliar).

Korea yang merupakan rumah bagi kecepatan internet tercepat di dunia adalah salah satu pengembang paling awal dari game online multiplayer yang populer. NCSoft, misalnya, pada tahun 1998 merilis game online multiplayer bernama Lineage. Versi mobile dari game ini, Lineage M, adalah salah satu game terlaris di dunia.

Dan pada tahun 2003, Nexon meluncurkan MapleStory, game online multiplayer dengan lebih dari 180 juta pengguna terdaftar di seluruh dunia, yang mempelopori model permainan gratis di mana pengguna bermain game secara gratis tetapi membayar untuk item dan aksesori virtual.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut