get app
inews
Aa Read Next : Adik Big Bos Timah Babel Divonis 3 Tahun Penjara, PH akan Banding

Adik Big Bos Timah Babel Divonis 3 Tahun Penjara Terkait Perkara Korupsi Tata Niaga Timah

Kamis, 29 Agustus 2024 | 17:26 WIB
header img
Toni Tamsil alias Akhi divonis 3 tahun penjara oleh PN Pangkalpinang, terkait kasus perintangan penyidikan pada perkara korupsi IUP PT Timah tahun 2015-2022. Foto: Istimewa.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Hakim akhirnya menjatuhkan vonis 3 tahun kurungan kepada terdakwa Toni Tamsil alias Akhi. Akhi terdakwa dalam kasus Obstruction Of Justice atau perintangan penyidikan pada perkara korupsi tata niaga komoditas timah IUP PT Timah tahun 2015-2022, yang telah mengakibatkan kerugian negara senilai Rp300 Triliun. 

Majelis hakim Pengadilan Negeri (Pan) Pangkalpinang yang diketuai Sulistiyanto Rokhmad Budiharto, beranggota hakim Warsono dan Dewi Sulistiarini, menyatakan terdakwa adik kandung bos besar timah Tamron alias Aon, telah terbukti melakukan perintangan.

Majelis hakim menilai, bahwa terdakwa Akhi dinilai terbukti secara sah dan meyakinkan telah melakukan tindak pidana merintangi, atau menggagalkan secara langsung atau tidak langsung penyidikan perkara tindak pidana korupsi dalam tata niaga komoditas timah di wilayah Ijin Usaha Pertambangan (IUP) di PT Timah, Tbk tahun 2015 sampai dengan tahun 2022.

Dalam sidang putusan itu, majelis hakim membacakan, mengadili satu menyatakan terdakwa Toni Tamsil alias Akhi terbukti secara sah dengan sengaja melakukan tindak pidana korupsi sebagai mana yang didakwan terhadap terdakwa.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut