get app
inews
Aa Read Next : Pengabdian Jurusan Hukum UBB Sosialisasikan Perlindungan Ikan Endemik Desa Tugang

ISB Atma Luhur Gelar Pelatihan Bahasa Inggris di LPKA Kelas II Pangkalpinang

Selasa, 13 Agustus 2024 | 18:02 WIB
header img
Pelatihan Bahasa Inggris di LPKA Kelas II Pangkalpinang oleh USB Atma Luhur. Foto: Istimewa.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Dosen Institut Sains dan Bisnis (ISB) Atma Luhur, Yudi Septiawan dan Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM), mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Pangkalpinang, Selasa (13/08/24). Dalam wawancaranya, Yudi yang juga ketua tim pengabdian mengatakan bahwa pelatihan ini adalah kegiatan pengabdian yang didanai oleh Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan, Riset, dan Teknologi. 

“Kegiatan ini dilaksanakan khusus menggandeng pihak LPKA Kelas II Pangkalpinang untuk memberikan pelatihan kepada warga binaan yang ada di LPKA Kelas II Pangkalpinang. Tahun lalu, saya dan tim mendapatkan hibah dengan skema yang sama. Namun kami melaksanakannya di 4 (empat) sekolah di 4 (empat) kabupaten. Kali ini, kami ingin menjangkau yang dekat dengan kampus. Ini sebagai bentuk pengabdian kami, civitas akademika ISB Atma Luhur kepada masyarakat yang ada di sekitar kampus," katanya. 

Yudi menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan upaya akademisi kampus dalam menyosialisasikan pentingnya bahasa Inggris di zaman serba canggih saat ini.

“Tim kami melakukan kegiatan ini dengan harapan bahwa seluruh warga binaan yang ada di LPKA ini bisa mendapatkan porsi yang sama dengan teman-teman sebaya mereka. Kami juga berharap apa yang sudah diajarkan ke para warga binaan dapat melekat dan diingat terus untuk kemudian diaplikasikan nanti di kehidupan di luar lapas," ucap Yudi. 

Selain menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut, Yudi dan Tim yang beranggotakan 5 orang (3 dosen dan 2 mahasiswa) ini juga menggandeng Organisasi Mahasiswa (Ormawa) English Club Community (ELC) Atma Luhur untuk membantu kegiatan ini.

“Dalam kegiatan ini, kami juga menggandeng English Club Community (ELC) mengingat tema yang diangkat terkait pelatihan bahasa Inggris dan ini sangat baik juga bagi mahasiswa ISB Atma Luhur untuk melakukan kegiatan sosial seperti ini di luar kampus," ujarnya. 

Dalam kesempatan yang sama, Kepala LPKA Kelas II Pangkalpinang, yang diwakili oleh Kasi Registrasi dan Klasifikasi, Alko Maria, S.H. mengatakan bawah kegiatan positif ini harus terus digalakkan mengingat saat ini seluruh anak muda wajib menguasai salah satu bahasa asing, termasuk bahasa Inggris.

“Anak-anak ini harus mendapat pelatihan bahasa Inggris yang intensif agar ketika mereka keluar dari sini, ada bekal yang mereka bisa bawa. Minimal mereka bisa berbahasa Inggris aktif (speaking). Kami sangat senang dengan kedatangan dari Tim Pengabdian ISB Atma Luhur di Lapas kami ini," katanya. 

Di hari Kamis nanti (15 Agustus 2024), Tim Pengabdian ISB Atma Luhur juga akan memberikan seperangkat Alat Teknologi Tepat Guna kepada pihak LPKA.

"Kami tentu sangat senang dengan kegiatan positif seperti ini. Terlebih memang LPKA ini memiliki banyak kegiatan yang sudah seharusnya memerlukan alat teknologi yang dihibahkan ke LPKA. Terima kasih sekali lagi kepada Pak Yudi dan Tim PkM ISB Atma Luhur atas kegiatan yang sangat berdampak di LPKA ini," ujarnya. 

Salah satu anggota tim PkM, Eza Budi Perkasa, mengatakan bahwa kegiatan ini memberikan luaran dalam beberapa aspek, salah satunya yaitu publikasi jurnal dan mengupdate kecakapan warga binaan yang ada di LPKA dalam berbahasa Inggris.

“Luaran dari kegiatan ini salah satunya nanti kami akan menggandeng pihak terkait, misalnya English Club Community (ELC) Atma Luhur untuk melakukan tindak lanjut (follow up) dari kegiatan pengabdian ini. Hal ini agar apa yang disampaikan dalam kegiatan Pengabdian ini bisa memberikan dampak langsung dan berkelanjutan kepada warga binaan," tuturnya. 

Kegiatan serupa diharapkan tidak hanya berhenti setelah masa kegiatan pengabdian ini berakhir, tapi ada kegiatan selanjutnya yang menyertai kegiatan pengabdian ini agar warga binaan di LPKA tetap bisa semangat dalam belajar praktis bahasa Inggris. Yudi berharap apa yang sudah dilaksanakan dan akan dilaksanakan bisa memberikan dampak positif terutama untuk warga binaan dan LPKA secara umum.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut