get app
inews
Aa Read Next : Jajal Lapangan Black Rocks Belitung, Sandiaga Uno: Sensasinya Luar Biasa

Kunjungi Geosite Open Pit Nam Salu, Sandiaga: Harus Berbasis Berkelanjutan dan Memberdayakan UMKM 

Sabtu, 26 Februari 2022 | 20:44 WIB
header img
Menparekraf Sandiaga Uno meninjau Situs Geologi (Geosite) Open Pit Nam Salu Pulau Belitong. (Foto: lintasbabel.id/ Suharli)

BELITUNG TIMUR, lintasbabel.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno meninjau langsung Situs Geologi (Geosite) Open Pit Nam Salu yang berlokasi di Kecamatan Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Sabtu (26/2/2022).

Kedatangan Sandi disambut langsung oleh Pejabat Provinsi Kepulauan Babel, Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) dan Bupati Belitung Timur Burhanudin (Aan). 

Sandi menyempatkan diri berdialog dengan pelaku UMKM yang ada di Pusat Informasi Geologi (PIG) Kelapa Kampit, sebelum menuju Geosite Open Pit Nam Salu. 

Disela kunjungannya, Sandiaga Uno kepada wartawan menyampaikan dengan adanya G20 yang akan diadakan di Pulau Belitong, diharapkan bisa mempercepat pemulihan ekonomi, serta dapat membuka lapangan kerja buat masyarakat yang membutuhkan, serta dapat memberdayakan UMKM. 

"Untuk Geosite, Pulau Belitong memiliki 21 Geosite, dan satu-satu UGGp kepulauan di Indonesia. Geopark maritim yang dikembangkan ini harus berbasis berkelanjutan untuk kebangkitan ekonomi kita, dengan adaptasi, inovasi dan kolaborasi," ujar Sandiaga Uno.

Sedangkan berkenaan dengan Geosite Open Pit Nam Salu, Sandiaga Uno menyampaikan, Geosite ini merupakan bekas tambang timah terbuka, terbesar dan tertua di Asia Tenggara sejak zaman kolonial Belanda. Usia bebatuan terbentuk 300 juta tahun lalu. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut